Indonesian Fashion Chamber Gelar Fashion Show “La Mode” Sur La Seine a Paris Koleksi Winter Season

gomuslim.co.id - Karya desainer Indonesia kian diakui negara internasional. Apalagi Muslim fashion yang kian berkembang cukup pesat dan diterima oleh pasar global. Indonesian Fashion Chamber (IFC) yang didukung Kementerian Perindustrian (Kemenperin RI) akan menggelar ajang fashion show skala internasional: “La Mode” Sur La Seine a Paris yang diselenggarakan di Kota Paris, Perancis pada 1 Desember 2018.

Salah satu tujuan ajang fashion show kali ini ingin menunjukan keunggulan karya desainer fashion Indonesia dengan keragaman dan kekuatan etnik lokal di tingkat global.

Pada ajang fashion show “La Mode” Sur La Seine a Paris akan menampilkan karya 16 desainer Indonesia yang mengangkat konten lokal sesuai tren global, meliputi kategori busana konvensional  hingga busana Muslim, antara lain; Lisa Fitria, Deden Siswanto, Lenny Agustin, Sofie, Ali Charisma, Shanty Couture, IDENTIX by Irma Susanti, Lia Mustafa, Lia Soraya, Rosie Rahmadi, #Markamarie, Instituto Di Moda Burgo Indonesia, ZELMIRA by SMK NU Banat, dan Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pariwisata Aceh yang juga menampilkan koleksi REBORN29 by Sukriyah Rusdy.

Nantinya, seluruh koleksi busana  akan diperagakan oleh model internasional di atas kapal pesiar yang menyusuri Sungai Seine berkeliling Kota Paris yang dihadiri sekitar 400 undangan yang terdiri dari  buyer dan media internasional. National Chairman IFC, Ali Charisma mengatakan strategi fashion show di atas kapal menjadi salah satu trik untuk menggaet buyers dan jurnalis dari media internasional agar lebih lama berinteraksi dengan desainer-desainer Indonesia.

 

Baca juga:

Ini Empat Tema Trend Forecasting 2019/2020 Karya Desainer Indonesian Fashion Chamber

 

“Kalau di ruangan kebanyakan enggak sampai 15 menit buyers ninggalin lokasi. Sedangkan di kapal yang durasinya bisa sampai 4 jam jadi bisa lebih lama lagi dan harapannya akan ada transaksi,” tutur Ali yang juga ikut memamerkan koleksinya pada fashion show di Paris untuk koleksi musim dingin (winter).

Pada kesempatan kali ini, Kementerian Perindustrian RI juga turut mendukung IFC membawa karya terbaik desainer ke pasar global.  Saat ditemui gomuslim dalam pressconference di Gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis, (21/11/2018), Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah, Kemenperin, Gati Wibawaningsih menambahkan salah satu bentuk partisipasi pihak pemerintah terhadap program IFC yakni dengan memfasilitasi desainer-desainer IFC.

“Tentunya kami (Kemenperin) sangat mendukung ajang ini karena seperti yang kita ketahui Paris adalah kiblat fashion kelas dunia. Dan ini menjadi kesempatan besar kita untuk menunjukkan brand lokal,” papar Gati.

Fashion show “La Mode” Sur La Seine a Paris ditargetkan menjadi ajang tahunan untuk mempromosikan karya desainer Indonesia yang telah siap memasuki pasar global, termasuk menggaungkan potensi industri fashion Indonesia ke tingkat dunia. Serta, perhelatan ini diharapkan dapat merangkul seluruh pihak, mulai dari Pemerintah hingga stakeholder terkait untuk bersinergi dalam memberikan perhatian serta dukungan terhadap pengembangan sektor industri fashion di tanah air. (nat/foto:nat)

 

Baca juga:

Ali Charisma Harap Desainer Lokal Adaptasi Desain Trend Global


Back to Top