#JakartaHalalThings2018

Ini Kata Indah Nada Pupita dan Ayana Moon Tentang Wisata Dunia Muslim Friendly

gomuslim.co.id - Tingginya jumlah wisatawan Muslim meningkatkan perkembangan wisata halal di sejumlah negara. Seperti Thailand, Jepang, dan Korea yang kian berkembang menghadirkan wisata remah Muslim, mulai dari ketersediaan restoran bersertifikat halal, hotel syariah, dan penyediaan tempat ibadah.

Melihat perkembangan tersebut, maka bermunculan Muslim influencer dan traveler, salah satunya Indah Nada Puspita dan Ayana Moon Muslimah asal Korea.

Saat ditemui gomuslim pada Jakarta Halal Things di Senayan City, keduanya menjadi narasumber dalam talkshow mengenai industri halal di berbagai negara. Pembawa acara Halal Traveler, Nada sapaan akrabnya mengatakan bahwa selama ia berkunjung ke 20 negara, kebutuhan umat Muslim untuk ibadah dan makanan halal kian mengalami peningkatan.

“Seperti di Jepang yang sekarang sudah banyak restoran halal, mushola sudah tersedia di beberapa tempat wisata, ada kolam renang khusus perempuan dan muslim friendly lainnya,” tutur Nada.

Ia mengaku saat ini pelaku wisata mulai aware dengan kebutuhan umat Muslim, sehingga memperhatikan berbagai kebutuhannya dan tentunya menjadi peluang bisnis untuk menggaet pasar wisman asal Timur Tengah dan Asia (Malaysia dan Indonesia) yang mayoritas Muslim.  

 

Baca juga:

Resmi Dibuka, Jakarta Halal Things 2018 Hadirkan Pameran Produk Halal, Konferensi Islam, dan Music Charity

 

“Waktu saya berdiskusi dengan pelaku wisata halal di Korea, saya pernah menyarankan agar tempat wudhu dibuat dekat dengan mushola sehingga bagi Muslim yang ingin menunaikan sholat jadi lebih mudah,” papar Nada.

Berbagai kemudahan fasilitas ramah Muslim juga diakui Ayana yang merupakan influencer asal Korea. Ayana  mengaku saat ini di Korea sudah banyak tempat makan yang menyajikan makanan halal dan sudah ada legalitas atau pengakuan bahwa makanan tersebut halal.

“Jangan takut untuk mencari makanan halal, di sini (Korea) sudah banyak restoran Arab, Indonesia, dan makanan seafood yang sudah pasti halal,” tambah Ayana.

Sambung Nada, mengenai lembagai sertifikasi halal, di Korea sudah ada lembaga penyelia sertifikasi halal seperti di Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Tapi memang tidak banyak, tapi sudah ada,” tambah Nada.

Di akhir talkshow Nada mengajak agar Muslim travelers jangan takut untuk traveling ke luar negeri. “Jangan takut traveling ke luar negeri, meskipun pasti kita tidak menemukan kenyamanan seperti di Indoesia, tapi semuanya dalam tahap perkembangan dan itu bertahap,” tukas Nada. (nat/foto:gomuslim)

 


Back to Top