Inilah Sosok Willow Wilson, Hijaber Pembuat Tokoh Superhero Muslim dari Marvel

gomuslim.co.id - Perempuan berhijab kini tak lagi dipandang sebelah mata oleh negara-negara minoritas Muslim. Salah satunya Willow Wilson, perempuan berhijab asal Amerika Serikat ini sudah lama berkecimpung di dunia komik. Ia memulai debut komiknya saat tinggal di Mesir saat berusia 20 tahun-an. Karya pertamanya bernama 'Cairo' karena ia sedang tinggal di sana.

Hijaber ini mendapatkan beberapa penghargaan untuk karyanya. 'Cairo' masuk ke dalam top list American Library Association dan School Library Journal. Komik seri 'Air' juga pernah masuk nominasi Eisner Award.

Maka tak heran jika Willow dilirik oleh Marvel, publisher komik terbesar di dunia. Stephen Wacker, editor Marvel mengajak Willow untuk membuat tokoh superhero Muslim. Namun, tawaran ini ternyata membuat Willow sempat mengalami bimbang.

 

Baca juga:

Marvel Hadirkan Superhero Muslim Pertama, Begini Sosoknya



"Saat pihak Marvel menghubungiku untuk membuat tokoh superhero baru, muda dan muslim. Aku bilang kepadanya. Kita harus merekrut anak magang untuk mengurus email 'kebencian' yang akan banyak datang," tutur Willow Wilson seperti yang dilansir dari publikasi CNN.

Willow mengaku membawa agama ke dalam sebuah panggung cerita bisa menjadi sangat sensitif.

“Kita tidak bisa menjual agama, minoritas, atau perempuan dalam sebuah bisnis agar mendapat perhatian publik,” ujarnya.

Namun, meski sempat mengalami kebimbangan, akhirnya ia memutuskan untuk menerima tawaran Marvel. Ia pun merasa mengemban beban yang berat untuk mengangkat sosok muslim Amerika sebagai superhero baru.

"Aku ingin membuat surat cinta kepada millenials, yang jadi target audiens kami. Aku ingin membuat superhero yang memiliki latar belakang penuh kesalahpahaman untuk generasi yang juga penuh kesalahpahaman," tutur Willow dalam video TED Talk.

Kemudian, ia membuat tokoh perempuan bernama Kamala Khan. Kamala yang berdarah Amerika-Pakistan terbangun di satu pagi dan mendapatkan diri memiliki super power. Kamala disebut-sebut akan berubah nama jadi Ms. Marvel dan menjadi tokoh yang cukup berarti dalam dunia Marvel. (nat/CNN/detik/dbs/foto:humanities.org)

 

 


Back to Top