Penuhi Kebutuhan Muslim, Taman Nasional Afrika Selatan Bangun Masjid Pertama

gomuslim.co.id – Baru-baru ini, Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan mendirikan masjid pertama untuk pengunjung. Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan inklusivitas dan keragaman di taman.

Eksekutif Pengelola Taman Nasional Kruger, Glenn Phillips mengatakan ada banyak pengunjung taman yang merupakan Muslim. Ia menyebut, kebijakan membangun masjid sebagai jawaban kebutuhan pengunjung yang semakin meningkat.

Masjid ini berlokasi di antara Menara Jam dan perpustakaan memorial Stevenson Hamilton. Tempat wudhu dibuat terpisah untuk pria dan wanita. "Pengunjung taman datang dari berbagai budaya. Tugas kami adalah mencoba dan memastikan bahwa kami mengakomodasi semua orang," katanya seperti dilansir dari publikasi Rekord Centurion Muslim, Kamis (6/12/2018).

Seorang pemimpin agama Islam setempat, Junaid Hassin, mengatakan pendirian masjid ini akan membantu pengunjung Muslim lebih baik mengamalkan perintah agama meskipun saat berada di taman. “Berbagai orang dari komunitas Muslim di Afrika Selatan hadir untuk menyaksikan pembukaan masjid,” katanya.

 

Baca juga:

Rayakan Maulid Nabi, Masjid di Kanada Bagikan 15.000 Paket Makanan

 

Umat Islam berdoa (shalat) lima kali sehari dan masjid ini dibangun untuk memungkinkan tamu Muslim yang mengunjungi taman untuk melakukannya. Sebelum berdoa, mereka diminta untuk melakukan wudhu; mencuci tangan dan kaki mereka dan berkumur dengan mulut mereka.

Pada 2015 tercatat sekitar 1,5 persen dari total penduduk Afrika Selatan merupakan Muslim. Adapun Muslim yang paling awal di negara itu adalah bagian dari migrasi paksa para budak, tahanan politik dan orang-orang buangan politik dari Afrika dan Asia Tenggara selama abad ke-17.

Angka terbaru menyebutkan jumlahnya sekitar 75.000 dan 100.000. Selain itu, ada sejumlah besar Muslim dari Asia Selatan yang telah tiba sebagai migran ekonomi.

Komunitas Muslim di Afrika Selatan hidup selaras dengan komunitas agama lainnya. Kohesi agama ini sangat jelas di daerah pemukiman India dan Berwarna di mana umat Islam hidup di antara, bekerja dengan dan bersekolah dengan sesama orang Afrika Selatan yang beragama Hindu, Sikh, Budha, Kristen, ateis, dan agnostik. (njs/Rekord Centurion Muslim/aboutislam)

 

Baca juga:

Mirip St Basil's Cathedral Rusia, Masjid di Malaysia Jadi Daya Tarik Utama Wisatawan


Back to Top