Tiga Saham Syariah Masuk Daftar Efek Syariah

gomuslim.co.id – Tiga saham syariah terbaru mulai melantai di Daftar Efek Syariah (DES) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ketiganya yaitu Saham PT Sentra Food Indonesia Tbk, saham PT Estika Tata Tiara Tbk, dan PT  Pollux Investasi Internasional Tbk. Saham-saham syariah baru tersebut kini tercatat sebagai saham syariah yang bisa diakses oleh investor.

Penetapan saham syariah ketiga perusahaan tersebut adalah mengacu kepada; Keputusan Nomor: KEP- 80/D.04/2018 tentang Penetapan Saham PT Sentra Food Indonesia Tbk. sebagai Efek Syariah, Keputusan Nomor: KEP- 81/D.04/2018 tentang Penetapan Saham PT Estika Tata Tiara Tbk. sebagai Efek Syariah, dan Keputusan Nomor: KEP- 82/D.04/2018 tentang Penetapan Saham PT Pollux Investasi Internasional Tbk. sebagai Efek Syariah.

Keluarnya tiga surat Keputusan Dewan Komisioner OJK tersebut, maka efek-efek perusahaan tersebut di atas resmi masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) sebagaimana Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: KEP-72/D.04/2018 tanggal 23 November 2018 tentang Daftar Efek Syariah.

Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil penelaahan OJK terhadap pemenuhan kriteria Efek Syariah atas Pernyataan Pendaftaran yang disampaikan oleh ketiga perusahaan tersebut.

 

Baca juga:

Empat Produk Baru Reksa Dana Syariah Ramaikan Pasar Bulan Ini

 

PT Sentra Food Indonesia Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan daging segar dan pengolahan makanan dan minuman melalui entitas anak. Sementara  PT Estika Tata Tiara Tbk adalah perusahaan produsen dan distributor makanan olahan terintegrasi. Sedangkan PT  Pollux Investasi Internasional Tbk adalah perusahaan pengembang property.

Saat melantai di Bursa Efek Indonesia, kode saham yang ditetapkan BEI untuk PT Sentra Food Indonesia  adalah FOOD. Sementara itu kode saham PT Estika Tata Tiara ialah BEEF. Sementara itu kode saham untuk PT Pollux Investasi Internasional adalah POLL.

Secara periodik Otoritas Jasa Keuangan memang terus melakukan review atas Daftar Efek Syariah berdasarkan Laporan Keuangan Tengah Tahunan dan Laporan Keuangan Tahunan dari Emiten atau Perusahaan Publik.

Review atas Daftar Efek Syariah juga dilakukan apabila terdapat Emiten atau Perusahaan Publik yang Pernyataan Pendaftarannya telah menjadi efektif dan memenuhi kriteria Efek Syariah atau apabila terdapat aksi korporasi, informasi, atau fakta dari Emiten atau Perusahaan Publik yang dapat menyebabkan terpenuhi atau tidak terpenuhinya kriteria Efek Syariah. (njs/mysharing/foto:okezone)

 

Baca juga:

Indeks Syariah Kembali ke Zona Hijau, IHSG Fluktuatif


Back to Top