ACT Bersama MRI Ajari Warga Tapanuli Tentang Kemanusiaan dan Kerelawanan

gomuslim.co.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) berikan orientasi kerelawanan kepada warga Tapanuli, Sumatera Utara pada Sabtu, (12/1/2019). Sekitar 40 relawan yang berasal dari Kota Sibolga Selatan, mengikuti kegiatan ini.

Setelah menempuh hampir 15 jam perjalanan darat dari Kota Medan, punggawa relawan dari ACT dan MRI Sumatera Utara (Sumut) ini, tiba di Kota Sibolga. Didampingi Kepala Program ACT Sumut Yessi Oktaviana, perjalanan jauh kali ini memiliki banyak pesan.

Agenda MRI Sumut kali ini merupakan agenda seru tentang orientasi kerelawanan atau belajar memahami lebih jauh tentang kemanusiaan dan kerelawanan Ala MRI Sumut.

“Acara dilaksanakan di Kantor Camat Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Seluruh relawan yang mengikuti kegiatan ini berjumlah sekitar 40 orang,” ungkap Yessy Oktaviana.

 

Baca juga:

ACT Kirimkan Bantuan Pendidikan untuk Pelajar Muslim Uighur


Ia mengatakan, tidak hanya dilaksanakan di Sibolga, sepanjang agenda orientasi ini, juga dilakukan di wilayah yang termasuk Tapanuli Tengah. Di atas peta, jarak kedua kabupaten ini tak terlalu jauh.

Sementara itu, menurut Fadhli Septavianra selaku Kepala Cabang ACT Sumut, orientasi atau pengenalan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para relawan tentang pergerakan ACT dan MRI.

“Mempelajari kolaborasi antara kemanusiaan dan kerelawanan,” ujar Fadhli.

Selain itu, kegiatan orientasi ini pun digunakan untuk menumbuhkan jiwa kerelawanan dari peserta orientasi. ia mengatakan bahwa, orientasi ini dimaksimalkan agar seluruh relawan bisa memahami bagaimana seharusnya menjadi anak muda yang bermanfaat.

“Menumbuhkan kemanusiaan dan kerelawanan untuk membangun kepedulian di daerahnya,” jelas dia.

Untuk diketahui, ACT bersama MRI, selang sehari dari kegiatan di Kota Sibolga, Ahad (13/01) kemarin kegiatan berlanjut. Orientasi relawan MRI dilanjutkan di Kota Padang Sidempuan tepatnya di kompleks sekolah SIT Darul Hasan.

Kali ini, sekira 50 peserta hadir. Darman Sembiring selaku Ketua MRI Padang Sidempuan mengatakan, walau kehadiran ACT MRI di Sidempuan baru berjalan sekitar dua bulan, namun sudah melakukan beberapa aksi kemanusiaan. ACT dan MRI berharap dengan orientasi ini bisa semakin menambah relawan dan semakin banyak aksi kemanusiaan yang bisa dilakukan. (hmz/act/foto:act)

 

Baca juga:

Diskusi Media ACT: Ini Kesaksian dari Balik Penjara Uighur


Back to Top