Ditjen Pendidikan Islam Optimis Indonesia Jadi Destinasi Studi Islam Dunia

gomuslim.co.id - Rapat Pimpinan Ditjen Pendidikan Islam, sukses digelar pada Minggu (20/01/2019) di Sentul City Bogor. Dalam kesempatan kali ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin memberikan visi menjadikan Indonesia sebagai pusat studi Islam dunia.

Kamaruddin Amin menilai Rapim strategis untuk mengevaluasi pelaksanan program 2018 dan mereview program 2019 agar lebih berkontribusi pada pengarustamaan moderasi beragama dalam pendidikan Islam. “Pendidikan Islam kita harus naik kelas, meningkat mutunya dan harus terefleksi dalam program-program dan kegiatan," ujarnya.

 

Baca juga:

Ini Lima Poin Rekomendasi Studi Islam dari Konferensi AICIS 2018

 

“Program mencetak 5000 Kyai sebagai perimbangan dari Program 5000 Doktor harus mulai kita realisasikan dalam tahun 2019," lanjutnya.  

Amin berharap cita-cita menjadikan Indonesia sebagai destinasi studi Islam dunia harus terus diupayakan dan diwujudkan, karena Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar dan memiliki lembaga pendidikan Islam terbanyak di dunia. Artikulasi keagamaan di Indonesia juga tidak lepas dari kontribusi pendidikan Islam. 

“Indonesia tidak begitu mudah diinfiltrasi oleh gerakan radikal dan intoleran karena dibina oleh Pendidikan Islam yang moderat,” kata Guru Besar Hadits UIN Makasar ini.

 “Saya ingin mulai saat ini kita mengundang mahasiswa-mahasiswa asing untuk belajar ke Indonesia. Iran sangat konsen untuk membuka Indonesia Corner di Iran,” harap Kamar. 

Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Imam Safei mengatakan keluarga besar Pendidikan Islam mempunyai beragam potensi dan tugas. Semuanya harus bisa meramu dan mengkombinasikan potensi tersebut dengan baik.

Imam Safei meminta agar semua warga Pendidikan Islam saling bersinergi dan berkolaborasi, karena tugas ke depan  semakin kompleks. “Saya yakin dan percaya teman-teman bisa melaluinya dengan baik, karena tekad dan daya juangnya tinggi,” katanya. (nvi/kemenag)

 

Baca juga:

Forum AICIS Bahas Peran Islam dalam Perkembangan Global


Back to Top