Dompet Dhuafa Lakukan Pengadaan Air Bersih di Daerah Terdampak Bencana Lombok

gomuslim.co.id – Dompet Dhuafa terus fokus dalam pemulihan daerah terdampak bencana gempa bumi, Lombok Utara. Salah satu yang menjadi konsen Dompet Dhuafa adalah pengadaan air bersih.

“Kami berterima kasih atas pembangunan ini. Memang setelah gempa aliran perpipaan yang ada di dusun (Nyiur Setinggi) terputus, lantaran akibat tertimbun longsoran,” ujar Suparman (55), Kepala Dusun Nyiur Setinggi sebagaimana dilansir dari publikasi dompet dhuafa.

 

Baca juga:

Masa Pemulihan Pasca Gempa, Dompet Dhuafa Luncurkan Program Lombok Bangkit

 

Melalui program Air Untuk Kehidupan, Dompet Dhuafa berhasil menyelesaikan pembangunan instalasi air bersih untuk warga Dusun Nyiur Setinggi, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Wilayah Gangga memang memiliki masalah dalam hal ketersediaan air bersih. Wilayah tersebut sedikit berbeda dengan wilayah Lombok lain, yang hijau dan subur. Wilayah Gangga lebih gersang, terlebih setelah terjadinya gempa, air bersih menjadi entitas paling dicari oleh penyintas. Pipa penyalur air bersih dari mata air terputus karena gempa.

Berdasarkan kondisi tersebut, di beberapa wilayah, para penyintas terpaksa harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 100 ribu, untuk satu tandon air. Mobil penyedia air juga hanya datang seminggu sekali, jadi warga harus sangat menghemat air yang ada. Tidak jarang, warga terpaksa memanfaatkan air yang kurang bersih dari kolam-kolam darurat yang dibuat warga sendiri.

Fasilitas instalasi air bersih yang dibangun meliputi pembuatan bak penangkap berkapasitas 2.200 Liter, pipanisasi sepanjang 1.000 Meter, dan pemasangan bak penampung berkapasitas total 1.300 Liter.

“Dengan adanya fasilitas air bersih, warga tidak lagi mengonsumsi air kotor dari kolam-kolam darurat yang dibuat,” tutup Suparman. (nvi/dompetdhuafa)

 

Baca juga:

Dompet Dhuafa Ajak Generasi Milenial Tingkatkan Taraf Hidup Dhuafa Lewat Gerakan Zakat


Back to Top