Ini Rumah Sakit Pertama Penerima Sertifikat Halal LPPOM MUI di Taiwan

gomuslim.co.id – Rumah Sakit Taiwan Adventist Hospital (TAH) resmi mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim menyerahkan sertifkat halal ini secara simbolis kepada President TAH, Dr. Hui-Ting Huang, di Taipei Rabu (23/01/2019).

Sertifikat halal ini berlaku untuk 208 menu yang disediakan RS TAH untuk pasien maupun pengunjung rumah sakit. Menu tersebut bukan hanya sesuai dengan kaidah halal zat bagi muslim, melainkan juga tetap terjaga citarasa Taiwan serta memenuhi kebutuhan nutrisi pasien.

Selain itu, untuk menuju rumah sakit yang ramah Muslim, TAH juga menyediakan ruang solat yang dilengkapi oleh Alquran dan petunjuk arah kiblat sehingga pasien juga tetap dapat beribadah solat tepat waktu selama pemeriksaan kesehatan.

Lukmanul Hakim mengatakan, perolehan sertifikat halal tidak terbatas dari bahasa maupun agama jika terkait dengan masalah kesehatan. Komitmen yang kuat dari manajemen TAH juga diapresiasi karena komitmen yang kuat adalah kunci penting berjalannya sistem jaminan halal di rumah sakit.

Dengan standar kualitas internasional, dimulai dari fasilitas hingga tenaga medis, TAH dijadikan sebagai rumah sakit rujukan oleh berbagai perusahaan multinasional sebagai penyediaan layanan kesehatan.

Dalam sambutannya, Dr. Huang mengatakan, TAH telah bertekad untuk mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Hal ini sejalan dengan New Southbound Policy  dan untuk mengembangkan lingkup pelayanan kesehatan.

 

Baca juga:

Belajar Sertifikasi Halal, Mahasiswa Universitas Trilogi Gelar Kunjungan ke LPPOM MUI

 

Sebagai rumah sakit yang notabene-nya bukan rumah sakit Islam dan tidak berada di lingkungan Islam, TAH dibantu oleh Sincung Halal for Taiwan, sebagai kantor representatif LPPOM MUI di Taiwan dalam memahami konsep halal-haram dari ajaran Islam.

Dengan dukungan kuat dari manajemen, TAH berhasil menyelesaikan proses sertifikasi halal secara cepat, yakni 48 hari kalender serta mendapatkan status implementasi SJH dengan nilai A.

Sementara itu, Sin-yin Lin, CEO of Sincung, menambahkan, populasi muslim di Indonesia mencapai 220 juta orang. Angka tersebut bukan hanya menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia, melainkan juga pasar muslim terbesar dan terdekat dengan Taiwan.

Dia menyadari, sertifikat halal MUI  selalu menjadi yang terdepan dan terpercaya di seluruh dunia, termasuk negara-negara timur tengah seperti Pakistan dan India. Sertifikat halal MUI HC sangat cocok untuk industri di Taiwan meliputi makanan, minuman, kosmetik, produk bioteknologi sehingga dapat mengembangkan pasar di Taiwan sendiri. (njs/rls/senayanpost)

 

Baca juga:

Mudahkan Konsumen Pilih Restoran Halal, LPPOM MUI Kembangkan Sistem Kode QR


Back to Top