Dorong Kreativitas Milenial Muslim, BUMN Gelar Islamic Nexgen Fest 2019

gomuslim.co.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan kegiatan Islamic Nexgen Fes di Bandung, Minggu (27/1/2019). Kegiatan bertajuk Spirit of Millenial ini bertujuan mendukung generasi milenial Indonesia untuk terus kreatif menghasilkan karya-karya positif.

Menurut Menteri BUMN, Rini Soemarno, program yang melibatkan anak muda ini menjadi bagian dari upaya memaksimalkan potensi generasi milenial di Tanah Air.

"Kegiatan ini merupakan wadah yang dapat mendorong generasi milenial agar dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Saya bangga dengan milenials BUMN yang terlibat dan aktif dalam kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” ujarnya.

Rini berpesan kepada anak muda untuk terus semangat dan berkreasi. “Tunjukan bahwa kita milenials BUMN dan santri muda yang kreatif, mandiri dan memiliki jiwa usaha BUMN serta punya andil dalam membangun bangsa dan negara," katanya.

Kegiatan Islamic Nexgen Fest ini menampilkan bakat dan kreativitas generasi muslim yang dikelompokkan dalam tiga kategori kompetisi yaitu Hijab Muda (Muslimah berbakat dan menginspirasi), Nada Islami (Musisi religi Islam), dan Usaha Santri (Santri berjiwa kewirausahawaan).

Setiap kompetisi, nantinya akan melahirkan bakat-bakat berbeda mulai dari bermusik, berkreasi, dan juga berbisnis. Harapannya, talenta-talenta baru ini dapat menginspirasi milenial muslim lainnya di seluruh Indonesia.

Selain itu, talenta-talenta muslim milenial ini diharapkan dapat berperan aktif dalam membangun negeri melalui kontribusi karya positif. “Serta mampu menciptakan pemberdayaan ekonomi usaha santri yang dapat menginspirasi. Tentu milenial yang kreatif, inspiratif, toleran dan mencintai Indonesia,” ungkapnya.

 

Baca juga:

15 Ribu Santri Hadiri Launching Progam ‘Santri Tani Milenial’ Kementan

 

Adapun, rangkaian roadshow Islamic Nexgen Fest  ini berlangsung di tiga kota besar dan 6 kota/kabupaten/kotamadya di Indonesia. Ribuan generasi muda dari Milenial BUMN, mahasiswa Telkom University dan santri pondok pesantren di wilayah Jawa Barat tampak antusias menghadiri kegiatan ini.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2018, dari total populasi Indonesia sebesar 265 juta jiwa, milenial Indonesia atau penduduk berusia 20 sampai 35 tahun berjumlah 63 juta jiwa.

Milenial yang berada di usia produktif menjadi peluang tersendiri bila bisa dimanfaatkan dengan baik lewat berbagai program yang tepat.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, generasi muslim milenial Indonesia merupakan salah satu tumpuan dan penentu masa depan negara.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat setiap tahunnya, dapat dipastikan para generasi milenial inilah yang akan mengembangkan masa depan Indonesia di segala bidang untuk menjadi negara maju dan besar di masa mendatang," ujarnya.

Maryono menambahkan tantangan saat ini adalah bagaimana cara untuk mengedukasi dan mendorong generasi milenial agar dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

"Itulah mengapa Islamic Nexgen Festival menjadi sangat strategis dalam rangka memacu kreativitas para generasi milenial muslim sekaligus perannya sebagai agen perubahan di Indonesia," tutupnya. (njs/antara/detik/foto:ayobandung)

 

Baca juga:

Gerakan MINA Gelar Lomba Vlog Ajak Generasi Milenial Tunaikan Haji


Back to Top