Dukung Industri Produk Halal, BNI Syariah Gulirkan Rp 1,2 Triliun Selama 2018

gomuslim.co.id – Dukungan terhadap pengembangan industri halal terus hadir. Bahkan sejumlah pihak tidak segan-segan menggelontrokan dana untuk pembiayaan di sektor ini. Salah satunya seperti Bank BNI Syariah yang telah menggulirkan pembiayaan untuk industri halal sebesar Rp 1,216 triliun.

Penyaluran pembiayaan tersebut berlangsung selama tahun 2018. Sebelumnya, anak usaha PT BNI Tbk ini hanya menyalurkan sebesar Rp 595 miliar. Artinya, tahun pembiayaan di tahun 2018 ini tumbuh sebesar 104 persen.

Menurut Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, penyaluran pembiayaan ini terdiri dari sektor industri halal food, halal travel, Islamic fashion, Islamic education, Islamic hospital, dan Islamic accommodation.

"Tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (28/1/2019).

Abdullah menambahkan, BNI Syariah turut terlibat dalam kegiatan Islamic Nexgen Festival yang berlangsung pekan ini. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya membentuk ekosistem halal, khususnya peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah di kalangan generasi milenial.

Kegiatan ini dikemas sebagai bagian dari rangkaian hari jadi Kementerian BUMN. Selama tiga bulan hingga puncaknya pada bulan April 2019, akan ada beragam kegiatan memeriahkan ulang tahun Kementerian BUMN yang melibatkan millenial.

 

Baca juga:

Bersama Ciputra Group, BNI Syariah Tingkatkan Pembiayaan Griya iB Hasanah

 

Ada tiga kegiatan besar yang digelar BNI Syariah pada ajang ini yakni mengajak generasi muslimah untuk lebih menggemari penggunaan hijab, mendukung lahirnya santri-santri yang tidak hanya menguasai ilmu agama namun juga entrepeneur yang berbasis syariah Islam, dan mendukung anak muda untuk lebih mengenal dunia seni musik Islami.

"Dengan harapan akan lahir para musisi maupun seniman musik yang akan melahirkan musik-musik Islam yang modern namun tetap syari," katanya.

Pada tahun 2018, BNI Syariah menjadi satu-satunya bank syariah yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada penyelenggaraan Deureuham (Derap Ekrafpreneuer Hasanah Mulia).

Ini adalah kompetisi untuk mendorong pelaku usaha ekonomi kreatif baru atau startup berbasis syariah melalui akses pembiayaan perbankan syariah. Selain itu ada pembekalan produk-produk perbankan syariah dan pengelolaan keuangan sesuai prinsip syariah yang menjangkau kebutuhan para pelaku usaha.

Dari 500 orang peserta, diseleksi menjadi 25 orang entrepreneur untuk mengikuti bootcamp dan training di Jakarta. Kemudian terpilih enam orang pemenang, yaitu tiga orang pemenang dari kategori umum dan tiga orang pemenang dari kategori teknologi.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menstimulasi pertumbuhan bisnis berbasis syariah secara signifikan di Indonesia," tutupnya. (njs/rls/foto:indopos)

 

Baca juga:

BNI Syariah Kembali Sabet Penghargaan The Best Commercial Bank di Malaysia


Back to Top