Siapkan Ratusan Agen, Kemenag Gelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi

gomuslim.co.id – Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) menambah ratusan agen perempuan anti korupsi untuk semakin memperketat prakter pencucian uang dilingkungan Kemenag.

Ratusan agen tersebut di sosialisasikan melalui program pencegahan Korupsi melalui Training of Trainer (TOT) dengan mengusung tema’Saya Perempuan Anti Korupsi’ (SPAK) di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis, (07/02/2019).

“Para peserta yang mengikuti kegiatan ini merupaka angkatan kedua agen SPAK. Ini merupakan penambahan kader SPAK, dimana saat ini peserta yang hadir berjumlah 140 orang,” ujar  Irjen Kemenag sekaligus Sekjen Kemenag, Nur Kholis.

Ia menyatakan, 140 peserta tersebut terdiri dari istri para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), kaum ibu yang menjadi pimpinan PTKN, serta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag yang belum mengikuti TOT sebelumnya.

 

Baca juga:

Menag: Pemerintah Indonesia Akan Mohon Kemudahan Soal Kebijakan Rekaman Biometrik pada Saudi


“Dengan penambahan peserta SPAK ini tidak akan sebanding dengan jumlah pegawai satuan kerja di Kemenag, tapi saya yakin, dengan bertambahnya agen SPAK tersebut akan dapat mencegah perilaku koruptif di Kemenag,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dengan diadakannya sosialisasi program pencegahan korupsi dan penambahan agen baru untuk mencegah terjadinya korupsi, Kemenag saat ini memiliki 270 agen.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin yang hadir dalam kegiatan tersebut, berharap kedepannya di Kemenag tidak hanya terdapat gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi, tapi juga ada gerakan pegawai anti korupsi.

“Bahkan, saya juga berharap adanya gerakan pejabat anti korupsi,” kata Lukman.

Ia mengungkapkan, program ini bukan merupakan penegak hukum seperti KPK, Kemenag hanya dituntut untuk melakukan pencegahan korupsi. (hmz/kemenag/foto:antara)

 

 

Baca juga:

Kemenag Percepat Distribusi Buku Manasik untuk Jemaah Haji 2019


Back to Top