ACT Bantu Evakuasi Korban Banjir Bandang Bandung

gomuslim.co.id - Hujan deras mengguyur Kabupaten Bandung pada Sabtu (09/02/2019) menyebabkan sungai di sekitar Dusun Pasirjati, Kecamatan Cilengkrang meluap. Pukul 22:00 WIB, banjir bandang pun menyapu Dusun Pasirjati, tepatnya di Komplek Jati Endah Regency RT 004/016.

Laporan Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) ACT di lapangan menyebutkan, banjir merusak 12 rumah warga hingga menelan korban jiwa. Operasi SAR gabungan digerakkan untuk mencari korban jiwa dan mengevakuasi korban terdampak.

“Tim kami bersama BPBD, BASARNAS, DAMKAR bantu evakuasi warga terdampak banjir. Dari data yang kami dapat, ada enam warga yang menjadi korban. Tiga korban jiwa, satu korban luka berat, dan dua korban luka ringan,” terang Atep Salman selaku Koordinator MRI Jawa Barat, Minggu (10/2/2019).

Adapun korban jiwa tersebut di antaranya Firdasari (35), Nuraini (25) dan Rauvan (17 bulan Sementara korban luka lainnya di antaranya Kiki (12) mengalami luka berat, Nisa (14) dan Ajay (45), yang mengalami luka ringan.

 

Baca juga:

ACT Atasi Krisi Air di Daerah Terpencil ini

 

Pascabencana banjir bandang tersebut, sebagian besar wilayah Komplek Jati Endah Regency masih digenangi lumpur tebal. Atep menjelaskan, lima anggota tim MRI-ACT bersama tim SAR gabungan lanjut membantu membersihkan lumpur yang menggenangi jalan utama dan rumah-rumah warga.

“Seharian ini kami bantu warga membersihkan lumpur dan memindahkan kendaraan-kendaraan mereka ke tempat yang aman, untuk mobilisasi. InsyaAllah kami juga akan mendistribusikan bantuan logistik untuk mereka,” pungkas Atep. (njs/act)

 

Baca juga:

Bersama GrabExpress, ACT Bantu Sulawesi Selatan Pulih


Back to Top