Kerukunan Beragama Ethiopia Jadi Contoh untuk Indonesia

gomuslim.co.id – Duta besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur menyatakan lebih dari 90 suku etnis di Ethiopia yang menjadi catatan bagi Indonesia dalam hal kerukunan beragama. Hal tersebut disampaikan saat Indonesia dan Ethiopia dapat berbagi pengalaman di kantor The Centre for Dialogue and Coorperation Among Civilisations (CDCC), Jakarta, senin malam, (11/02/2019).

Ia mengatakan mayoritas rakyat Ethiopia memeluk agama Kristen Ortodoks dengan persentase lebih dari 40 persen, kemudian diikuti pemeluk Islam dengan angka lebih dari 30 persen.

“Alhamdulillah, data terakhir yang diterima, masyarakat dengan memeluk Agama Islam semakin meningkat. Islam dan Kristen Ortodoks sudah 50-50 persen,” ungkap AL Busyra Basnur.

Ia mengaku, negara Afrika memang memiliki banyak suku dan agama, walau demikian, katanya, Ethiopia mampu mengatur kerukunan antarumat beragama. Bahkan, menurut survey internasional, ketaatan dalam beragama di Ethiopia dalam urutan pertama.

 

Baca juga:

Masjid Tua Ini Wujud Toleransi Beragama di Fakfak Papua


"Ini sangat menarik mengenai kehidupan beragama di Ethiopia, tahun 2015 itu ada survey 'global attitude' , Ethiopia itu berada dalam posisi nomor satu karena ketaatan pada beragama sangat kuat, kedua diikuti oleh Senegal, kemudian nomor tiga Indonesia, keempat Uganda, dan kelima Pakistan," terangnya.

Menurut Al Busyra Mansur, Indonesia memiliki lembaga non-pemerintah, yaitu The Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC) dengan fungsi melakukan dialog dan kerja sama antar umat beragama. Sementara itu, Ethopia memiliki lembaga Ethiopia Interfaith Council, dimana berfungsi untuk mengkoordinasikan kerja sama antarumat beragama.

"Kedua lembaga tersebut dapat bersinergi dan melakukan dialog," ujarnya.

Ia berharap dengan dialog berbagi pengalaman, Indonesia dapat menjadi negara yang memiliki kerukunan antar umat beragama terbesar yang juga dapat menjadi contoh negara-negara dengan berbagai suku agama. (hmz/antara/foto:tirto)

 

Baca juga:

Bertemu Sejumlah Tokoh dan Ulama Tanah Air, Begini Kekaguman Zakir Naik Atas Keramahan Umat Islam Indonesia


Back to Top