Kenang Sang Ulama, SPI Gelar Pameran 111 Tahun Buya Hamka

gomuslim.co.id – Sekolah Pemikiran Islam (SPI) menggelar pameran bertemakan 111 tahun Buya Hamka, dalam rangka mengenang seorang ulama, sastrawan sekaligus aktivitis politik. Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan Buya Hamka lahir di Agam, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908 silam. Gelaran ini dihelat di Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia. 

 “Ini adalah rangkaian 111 tahun Buya Hamka. Untuk mengingatkan anak-anak muda akan seorang tokoh yang bernama Buya Hamka,” ujar Akmal.

 

Baca juga:

Kemenag Gelar Pameran Foto Bertajuk ‘Uzbekistan Negeri Para Imam’ di TMII

 

Pameran 111 Tahun Buya Hamka akan berlangsung selama tiga hari, mulai 11 hingga 13 Februari 2019. Sebelumnya, SPI juga telah menyelenggarakan kajian yang bertemakan Buya Hamka sebanyak tiga kali pada bulan Januari yang lalu.

“Kemudian ini ekshibisi plus dengan seminar, nanti insya Allah awal Maret ada daurah,” imbuh Akmal.

Pameran 111 Tahun Buya Hamka ini menampilkan sejumlah karya tulis Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama itu, mulai Tafsir Al-Azhar hingga Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Pameran ini juga menampilkan beberapa lukisan Buya Hamka dari berbagai seniman, salah satunya adalah lukisan karya ilustrator Detective Comic (DC), Ardian Syaf asal Tulungagung.

Untuk diketahui, Buya Hamka adalah ketua MUI pertama lulusan Universitas Al Azhar dan Universitas Nasional Malaysia. Dua universitas tersebut menganugerahkan gelar doktor kehormatan, sementara Universitas Moestopo, Jakarta mengukuhkan Hamka sebagai guru besar.  Namanya disematkan untuk Universitas Hamka milik Muhammadiyah dan masuk dalam daftar Pahlawan Nasional Indonesia.

SPI bekerja sama dengan Hijabographic dalam gelaran kali ini. Setiap harinya, pameran buka dari pukul 10.00 pagi hingga 17.00 sore. (nvi/dbs/kiblat)

 

Baca juga:

Cendikiawan dan Ulama Muhammadiyah Kembali Rumuskan Visi Konsep Islam Berkemajuan


Back to Top