Ini 10 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia dari Kemenpar

gomuslim.co.id – Pemerintah Indonesia terus menunjukan keseriusan dalam pengembangan wisata halal. Salah satu upayanya, baru-baru ini Kementerian Pariwisata merilis Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019. Bekerjasama dengan Mastercard-CrescentRating, IMTI mengacu pada standar global Global Muslim Travel Index (GMTI).

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, Anang Sutono mengatakan bahwa pihaknya telah memilih sepuluh detinasi wisata halal untuk dibina dalam bimbingan teknik menggunakan standar GMTI. Destinasi tersebut diantaranya Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya), Lombok, dan Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya).

"Indonesia punya komitmen yang tinggi untuk menjadi global player dalam hal pariwisata halal. Hal ini mengingat pergerakan muslim traveler di dunia luar biasa. Menjadi global player pilihan yang tepat karena negara kita merupakan negara penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia," ujarnya, Rabu (13/2/2019).

Ia menambahkan, kesepuluh destinasi tersebut diberi pelatihan, dimonitoring dan dievaluasi, yang ditujukan untuk bersaing dalam Global Muslim Traveler Index yang diselenggarakan pada pertegahan 2019. Target Menpar, Indonesia peringkat pertama pada GMTI 2019.

 

Baca juga:

Kaltim Bisa Tiru Pengembangan Wisata Halal NTB dan Sulsel

 

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya menuturkan Indonesia telah menumbuhkan empat aspek dari GMTI melampaui semua negara. IMTI menghadapkan masing masing daerah untuk menumbuhkan wisata halal di setiap destinasi.

“Ada komitmen yang kuat dari setiap elemen pemerintah dan pertumbuhan yang signifikan dari pemain industri pariwistaa halal," ungkapnya.

Adapun, posisi Indonesia pada GMTI 2018 berada di peringkat kedua bersama Uni Emirat Arab. Pada peringkat pertama diduduki Malaysia sebagia negara dengan pariwisata halal terbaik 2018. Posisi selanjutnya diisi Turki, Arab Saudi, Singapura, Qatar, Bahrain, Oman, dan Maroko. (njs/kompas/dbs)

 

Baca juga:

Ini Alasan Wisata Halal Bakal Jadi Tren di Tahun 2019


Back to Top