Nigeria Advokasi Kebebasan Berhijab bagi Muslimah

gomuslim.co.id - Perempuan berhijab kian mendapatkan haknya untuk bebas menggunakan hijab di manapun. Maka dari itu, Koalisi Muslimah di Remo, Ogun yang menjadi negara bagian Nigeria mendesak pemerintah federal melegalkan penggunaan hijab di seluruh negeri.  

Kelompok itu mengatakan akan terus mengadvokasi untuk melegalkan penggunaan hijab di tempat-tempat umum dan kantor serta memastikan orang yang menggunakannya tak dilecehkan.  

Petugas Dakwah Nasional dari Federasi Asosiasi Wanita Muslim Nigeria (FOMWAN), Hajia Tawakaltu Oderinde, mengatakan telah bekerjasama dengan Asosiasi Pengacara Muslim Nigeria (MULAN) untuk mencapai tujuan tersebut.  

“Kami ingin pemerintah di semua tingkatan melihat hijab sebagai hak asasi manusia,” tutur Oderinde, Jumat (15/02/2019). 

 

Baca juga:

Nigerian Bar Association Tegaskan Usut Tuntas Pelaku Penodaan Alquran

 

Seperti yang dilansir dari publikasi Daily Trust, pernyataan itu senada dengan yang diucapkan Hajia Aminat Salaudeen, salah satu anggota koalisi perempuan Muslim di Remo yang menyerukan kepada Pemerintah Federal dan para pemangku kepentingan terkait untuk memastikan perlindungan hak asasi manusia untuk pengguna hijab.  

Tak hanya itu, Oderinde juga meminta semua administrator sekolah umum untuk menghormati dan melindungi hak para pengguna hijab di sekolah umum.

“Kami punya masalah ketika saudara-saudara Muslim diminta untuk melepaskan hijabnya saat pengambilan data di bank, latihan registrasi kartu sim, dan kartu pemilih hingga di kantor imigrasi. Tetapi ketika mereka menolak, itu menjadi perdebatan,” tutur Hajia. (nat/dailytrust/dbs/foto:anadoluagency)

 


Back to Top