Sektor Pertanian Jadi Potensi di Pesantren NTB

gomuslim.co.id - Kini pondok pesantren (Ponpes) tidak sekadar tempat menimba ilmu pendidikan dan ilmu agama, melainkan juga memiliki potensi besar untuk pemberdayaan ekonomi, salah satu yang bisa dikembangkan di ponpes adalah sektor pertanian.

Sekretaris Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Wathan (PWNW) Nusa Tenggara Barat (NTB) Irzani mengatakan sektor pertanian masih menjadi sektor unggulan kita di NTB selain pariwisata sehingga untuk memaksimalkan sektor ini perlu pelibatan dan partisipasi banyak pihak.

Potensi pesantren bisa didorong sebagai salah satu penggerak pemberdayaan ekonomi yang lebih inklusif, termasuk melalui sektor pertanian.

"Terlebih jumlah pesantren di NTB ini cukup banyak dan sudah banyak menyumbang hal positif dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM),” papar Irzani di Mataram, NTB, Jumat (15/02/2019).

Secara nasional potensi besar yang dimiliki pesantren menjadi daya tarik untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian di Indonesia. Saat ini, lanjut Irzani, Kementerian Pertanian (Kementan) juga tengah melakukan kajian mendalam mengenai potensi apa saja yang bisa dikembangkan pesantren di sektor pertanian.

"Secara nasional Kementan sedang inventarisir berapa lahan yang dimiliki dan apa kebutuhan pesantren untuk pengembangan sektor pertanian ini," ujar Irzani.

 

Baca juga:

Ini 10 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia dari Kemenpar

 

Sedangkan, kepemilikan lahan pesantren yang cukup luas bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Apalagi komoditas tertentu bisa ditanam dan berproduksi di lahan-lahan yang tidak terlampau luas.

Selain itu, Pesantren juga didorong berpartisipasi di sektor pertanian, pemerintah pusat melalui Kementan serta pemda memfasilitasi dengan pemenuhan kebutuhan dengan pelatihan dan bimbingan teknis untuk para santri dan penyediaan bibit. (nat/dbs/foto:CDN)

 


Back to Top