Kemenag Aceh Barat Rumuskan Kurikulum Hafiz Quran 

gomuslim.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Barat merumuskan kurikulum di dalam program hafiz quran pada mata pelajaran siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bertujuan sebagai strategi membentuk generasi penghafal Qur’an.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kemenag Aceh Barat, Suhadi mengatakan pihaknya inginkan setiap siswa lulusan dari madrasah itu memiliki kemampuan ganda, yakni mampu menguasai ilmu sains atau ilmu umum, dipadukan dengan pengetahuan agama Islam agar hidupnya terarah dan seimbang.

“Semua harus balance. Siswa Pintar dengan kurikulum yang di tetapkan Pemerintah itu, Harus. Tapi saya juga mau mereka bisa pintar dalam pendidikan Agama, saya ingin mereka jadi Hafiz Qur’an,” ujar Suhadi, Selasa, (19/02/2019).

 

Baca juga:

Kemenag Resmikan Tujuh Gedung Baru Balai Nikah dan Manasik Haji di Sultra


"Minimal, setelah lulus dari madrasah ibtidaiyah, anak-anak kita ini bisa menghafal quran juz 30 atau ayat-ayat pendek. Tujuan lainnya agar mereka punya kemampuan literasi baca tulis Al Quran,” tambahnya.

Menurutnya, tidak sedikit sekolah madrasah di daerah setempat yang sering mendapatkan penghargaan dalam kegiatan lomba di tingkat lokal, hal itu membuktikan bahwa pelajar sekolah madrasah mumpuni di bidang ilmu umum.

"Dengan perpaduan pengetahuan agama dengan pengetahuan umum yang seimbang, maka harapan kita bisa lahir ke depan lulusan madrasah sebagai generasi-generasi cerdas dan berahklakul karimah," kata Suhadi.

Kemenag Aceh Barat menargetkan, program pencangan hafiz quran juga akan diaplikasikan pada semua tingkatan sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), baik itu sudah berstatus negeri maupun masih dikelola swasta.

"Karena masih tingkat dasar, murid MI kita wajibkan mampu menghafal juz 30 atau lebih dikenal surat-surat pendek. Kemudian nanti dijenjang MTs, tentunya dengan tingkat hafalan yang lebih tinggi dari lulusan MIN atau MIS," pungkasnya. (hmz/kemenag/foto:wahidnews)

 

 

Baca juga:

Kemenag Lampung Gelar Kelas Perdana Sekolah Haji Indonesia


Back to Top