Alhamdulillah, AIBA Perbolehkan Petinju Muslimah Kenakan Hijab

gomuslim.co.id – Asosiasi Tinju Internasional (AIBA) telah merilis peraturan baru bagi muslimah berhijab, yakni diperbolehkannya muslimah yang mengenakan hijab untuk mengikuti kompetisi internasional. Dilansir dari AboutIslam Jumat (22/02/2019) bahwa hal itu diumumkan AIBA pada Pertemuan Komite Eksekutif di Istanbul, Turki pada 9 Februari.

"Saya melawan segala prasangka (yang ditujukan pada Islam, red) dengan bertinju dan jilbab saya," kata brand ambassador Nike Pro Hijab, Zeina Nassar.

 

Baca juga:

Ibtihaj Muhammad Jadi Atlet Anggar Berhijab Pertama di Olimpiade Rio 2016

 

Zeina juga mengaku, untuk harus selalu melawan pandangan bahwa seorang muslimah berhijab tidak berpendidikan, memakai hijab karena terpaksa, serta memiliki keterbatasan. Ia ingin membuktikan bahwa itu salah dan hanya klise.

Untuk diketahui, saat ini AIBA dipimpin oleh seorang Muslim Uzbekistan Gafur Rakhimov yang sebelumnya merupakan Wakil Presiden AIBA sejak 1998.

Shirzanan, sebuah kelompok aktivis untuk hak-hak atlet wanita Muslim di seluruh dunia, telah berhasil melobi terkait dengan permasalahan hijab dan terus berjuang untuk cabang olahraga lain menjelang Pertandingan 2020 di Tokyo, Jepang.

Menariknya, pemain anggar Amerika Ibtihaj Muhammad membuat sejarah di Rio 2016 Games sebagai wanita Muslim Amerika pertama yang mengenakan jilbab saat bertanding. (nov/dbs/Aboutislam/foto:behancenet)

 

Baca juga:

Jadi Viral, Ibtihaj Muhammad Unggah Foto Atlet Anggar Cilik Berhijab 


Back to Top