Jelang Musim Haji, Saudi Pastikan Persedian Air Zamzam Aman

gomuslim.co.id – Meningkatnya jumlah jamaah haji dari tahun ke tahun berbanding lurus dengan naiknya jumlah kebutuhan dan permintaan jamaah akan air Zamzam. Hal itu membuat pemerintah Arab Saudi mengambil langkah khusus untuk memastikan agar pasokan air Zamzam tidak terputus, baik itu Masjid al-Haram Makkah dan Masjid Nabawi, Madinah ataupun bagi jamaah selama musim haji dan umrah.  

Selain mengadakan proyek Air Zamzam Raja Abdullah bin Abdul Aziz, ada pula pabrik pembotolan Zamzam yang beroperasi dengan misi terpisah. Pembotolan air Zamzam dilakukan di bawah pengelolaan United Office of Zamazemah di Makkah seperti dilansir dari ArabNews Jumat (22/02/2019). 

 

Baca juga:

Ini Perbedaan Air Zamzam Asli dan Palsu

 

Proyek tersebut dioperasikan oleh National Water Co Perusahaan ini memiliki pabrik pembotolan yang baru yang dapat memproduksi hingga 30 ribu liter per jam. Penambahan jalur produksi itu telah meningkatkan kapasitas produksi secara besar-besaran. Air disalurkan ke dalam 200 mililiter botol. Dengan demikian, pabrik dapat memproduksi dengan baik lebih dari 150 ribu botol per jam untuk didistribusikan kepada jamaah setibanya di Makkah.

Di bawah program Layanan Tambahan Air Zamzam, air Zamzam juga disediakan di dekat area pusat Masjid al-Haram di Makkah dan di tempat-tempat suci lainnya, seperti Mina dan Arafah.  

Sementara itu, saat ini tengah berlangsung dua fase perluasan di lokasi tersebut. Perluasan itu merupakan pusat administrasi, termasuk departemen manajemen dan pemasaran. 

Selain itu, dua pekan lalu, Dewan Syura Saudi menyetujui proposal proyek baru oleh Arbab Al-Tawaif Establishments.  Proyek ini akan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam layanan haji dan umrah serta berupaya untuk merestrukturisasi Arbab Al-Tawaif, dan mengubah pendirian dari lembaga individu menjadi perusahaan.

Proyek tersebut bekerja untuk memastikan perusahaan memberikan standar layanan yang lebih baik kepada jamaah dari luar Arab Saudi.  (nov/dbs/arabnews/foto:wowkeren)

 

Baca juga:

Minum Air Mentah Jadi Tren di AS, Apakah Minum Air Zamzam Akan Tren di 2019?


Back to Top