Tahun Ini Milad Masjid Istiqlal ke-41 Dirayakan Sederhana

gomuslim.co.id - Perayaan milad Masjid Istiqlal tahun ini diselenggarakan secara sederhana. Puncak acara perayaan milad hanya berupa pemberian hadiah, serta pesan milad yang disampaikan oleh Imam Besar Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, Jumat (22/02/2019).

Kepala Bagian Informasi dan Protokoler Masjid Istiqlal, Abu mengatakan, perayaan milad tahun ini kami sederhanakan. Acaranya dimulai sejak 20 sampai 22.

“Tadi puncaknya adalah pembagian hadiah dan pesan Milad dari Imam Besar Masjid Istiqlal, bapak Nasaruddin Umar,” ujar Abu.

Tahun ini acara Milad Istiqlal hanya berupa lomba internal antarsesama pengurus masjid. Sedangkan, jenis perlombaannya ada empat, yaitu tilawah Alquran, hifzil Quran, azan, dan peragaan bacaan sholat.

Sambung Abu, tahun sebelumnya sempat diadakan Festival Istiqlal, diikuti oleh madrasah seluruh DKI. Keterbatasan dana menjadi alasan perayaan milad kali ini dilaksanakan dengan sederhan.

“Terkait masalah anggaran, Masjid Istiqlal mendapatkan bantuan dari APBN, besarannya sekitar Rp 15 miliar. Namun beberapa tahun terakhir jumlahnya berkurang,” kata dia.

 

Baca juga:

Imam Masjid Istiqlal: Tahun Baru Islam Saatnya Umat Muslim Aplikasikan Enam Hal Ini

 

Meski milad diselenggarakan secara sederhana, beberapa pengunjung tidak mempermasalahkannya. Salah satunya, Woro Armayanti (37) yang tetap merasa bangga terhadap perkembangan Istiqlal yang sudah berusia 41 tahun. Woro menyebutkan bahwa dari waktu ke waktu, Istiqlal selalu ada perkembangan. Selain sebagai tempat ibadah, Istiqlal juga menyediakan kajian agama Islam.

"Sudah bagus ya perkembangannya selama 41 tahun, fasilitasnya juga sudah membaik, malah katanya nanti ada kabar mau dipugar. Untuk kegiatan sudah baik, kajian juga sudah lengkap," tutur Woro.

Ada pula jemaah yang kecewa milad diselenggarakan secara sederhana. Rusdi (28), salah satu jemaah mengatakan, sebaiknya kalau terkait keterbatasan dana, umat Islam bisa turut serta membantu.

Rusdi berharap perayaan milad akan diadakan lebih meriah. Ia merasa sedikit kecewa jika milad diselenggarakan secara sederhana.

“Karena ini tanggung jawab bersama. Kita semua bisa ikut membantu. Semoga kedepannya perayaan milad bisa diselenggarakan secara meriah," kata Rusdi.

Masjid Istiqlal diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978. Sedangkan pemasangan tiang pancang dilakukan pertama kali pada tahun 1961. Memiliki luas 10 hektar, dengan bangunan utama seluas tiga hektar. Istiqlal mampu menampung 200 ribu jemaah. Sampai saat ini Istiqlal dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. (nat/dbs/foto:merdeka)

 


Back to Top