‘LEBAR’ Inspirasi Sedekah Nasi ala Sherly

gomuslim.co.id – Berbagi dengan sesama laksana cermin, pengaruh kebaikannya memantul untuk pelakunya. Selain pahala yang niscaya diraih, Allah juga selalu menggantinya secara lebih baik, bahkan bertambah-tambah. Hal ini sebagaimana yang disabdakan Rasul SAW, "Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan (berbagi) kecuali justru ia bertambah, bertambah, bertambah.” (HR. Tirmidzi).

Hal itulah yang dirasakan Sherly Milana, seorang mantan pramugari di sebuah maskapai, bersama dengan teman-teman di kelompok kajian yang terdiri atas mantan dan kru pramugari yang telah hijrah, Sherly mengarap sebuah proyek amal yang diberi nama 'Lemari Barokah' atau disingkat 'Lebar' sejak Desember 2018 lalu.

"Nama sedekah Lebar ini, dengan harapan supaya lebar sedekahnya, lebar berkahnya. Intinya semangat berbagi dan mencari ridha Allah semata. Mudah-mudahan nanti jadi yayasan sedekah Lebar," kata Sherly.

 

Baca juga:

Berbagi Nasi Bungkus Bersama Komunitas Sedekah Ngider Bandung

 

Sesuai dengan namanya, Lebar berwujud sebuah lemari yang ditempatkan di sejumlah masjid atau mushalla dan tempat-tempat stategis lain yang terpilih oleh pengurus dan donatur. Lemari ini akan berisi makanan utama, semacam nasi bungkus, minuman, atau penganan lainnya.

Sherly menuturkan mereka ingin membuat program sedekah yang bersifat rutin dalam wadah komunitas. Karena itulah, ia mengatakan Lebar terbentuk sebagai wadah untuk mengorganisir pembagian makanan dan minuman kepada umat dengan sistem yang lebih terpadu.

Kegiatan Lebar dilakukan tiga kali dalam sepekan, yaitu setiap selepas shalat Jumat dan pada Senin dan Kamis pada saat berbuka puasa. Menurut Sherly, hari Jumat dipilih karena dipandang sebagai hari yang diberkahi.

Gratis, Siapapun Boleh Mengambil, Siapapun Boleh Mengisi demikian konsep yang tertampang di lemari tersebut.

Lebih lanjut, Sherly menuturkan banyak yang turut berpartisipasi, mulai dari berdonasi hingga menjadi sukarelawan di lapangan. Penggalangan donasi dilakukan melalui kelompok-kelompok pengajian, sosial media, dan dari kerabat. Lemari yang tersedia pun kini bertambah menjadi 10 lemari, dari sebelumnya hanya tiga lemari.

Lemari Barokah gratis ini dapat ditemui di sembilan masjid di beberapa lokasi, di antaranya Masjid RS Suyoto Bintaro, Tangerang; Masjid Alhidayah di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan; Masjid Raya Kota Harapan Indah di Bekasi; Masjid Al Muhibbah di Bulak Ringin, Cibubur, Jakarta Timur; Masjid Al Muhajirin di Taman Asri, Larangan, Ciledug, Tangerang; Masjid Darussadah di Markas Hasmi, Kebagusan Raya, Jakarta Selatan; Masjid Baitul Kirom di Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat; Masjid Baitussalaam di BNI 46, Cilandak, Jaksel; dan Masjid Al Muttaqin di Pondok Sukmajaya Permai, Depok.

"Insya Allah istiqamah. Mudah-mudahan Lebar meluas ke tempat-tempat lain," tambahnya. (nov/dbs/republika)

 

Baca juga:

Gelar Event Perdana, Komunitas Sedekah Ngider Bandung Berbagi Nasi Bungkus untuk Dhuafa


Back to Top