Pikat Pengunjung IBF 2019, Booth Bimas Kemenag Hadirkan 1000 Mushaf Alquran dan Buku Islam Gratis

gomuslim.co.id – Islamic Book Fair (IBF) 2019 yang kembali dihelat pada 27 Februari sampai 3 Maret 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) berlangsung ramai. Puluhan booth yang menghadirkan banyak harga promo, dan diskon menarik minat pengunjung .

Termasuk booth nomor 54 dan 55 yang ditempati oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama, atau yang biasa disebut Bimas Kemenag. Diketahui Ditjen Bimas Islam membagikan seribu mushaf Alquran, seribu buku-buku keagamaan islam, panduan ibadah, berbagai merchandise ekslusif, stiker hingga balon secara gratis.

Menariknya, untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut para pengunjung harus tes sambung ayat, atau melakukan swafoto (selfie) dan mengunggahnya di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) dengan tagar #Islamicbookfair #zakatwakafmembangunummat #ibf2018 #KemenagRI. Serta follow IG dan twitter @bimasislam.

Kepada gomuslim, Staff Bagian Zakat dan Wakaf Bimas Kemenag, Mala, mengaku hal itu dilakukan dalam bentuk sosialisi terkait masalah keagamaan pada masyarakat luas.

“Ide (lomba swafoto, red) tersebut muncul karena melihat yang sedang kekinian di kalangan masyarakat. Generasi Milenial yang suka selfie dan show off, dengan kemasan itu kita masukan nilai keislaman. Buku-buku tentang masyarakat islam, terkait pemahaman serta ibadah, zakat, wakaf, hari besar islam, peristiwa nikah, semua dalam bentuk sosialisasi. Dan gratis bagi masyarakat luas” ujarnya saat ditemui di IBF, Jumat (1/02/2019).

Ide tersebut meraih respon yang positif bagi pengunjung IBF 2019.

“Alhamdulillah antusias pengunjung tinggi, dan nggak pernah sepi. Kalau diperhintungkan, pengunjung sudah sampai sekitar duaribu pengunjung.” katanya

Lebih lanjut Mala mengatakan, dalam kinerjanya, Bimas juga sosialisai di sosial media, demi mengikuti perkembangan zaman. Baik campaign Ayo Zakat, Ayo Ngaji, Menikah di KUA, agar masyarakat sadar dan tau sesuai syariat Islam.

Untuk diketahui, pada IBF ke-18 ini, ada 213 penerbit buku di Indonesia serta mancanegara dengan 48.250 judul dan 3,6 juta eksemplar buku. Bahkan beberapa penerbit buku berasal dari luar negeri, seperti Mesir, Arab Saudi ada, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Turki. (nov)

 

Baca juga:

Buku Risalah Tuntunan Sholat Raih Lifetime Achievement di Ajang Book Award IBF 2019


Back to Top