Sukses! IBF 2019 Raih Ribuan Pengunjung per Hari

gomuslim.co.id – Gelaran literasi akbar Islamic Book Fair (IBF) 2019 terpantau sukses. Perhelatan dengan tema Literasi Islam Untuk Kejayaan Bangsa – Wisata Literasi Islam yang mulai sejak 27 Februari lalu, direncanakan akan berakhir pada 3 Maret 2019.

IBF telah menjadi pameran buku islam terbesar tak hanya di Indonesia, namun juga Asia Tenggara. IBF tahun ini menempati Hall A dan Hall B dan menjadi pelaksanaan yang ke-18. Tahun 2019 ini merupakan tahun ketiga digelar di Jakarta Convention Center (JCC) sejak 2017.

“(agenda ini, red) diadakan dalam bentuk dakwah dan syiar. Mengakomodir penerbit-penerbit buku islam  dan sekaligus meng-create komunitas. Ya, penerbit buku islam tentu saja harus ada pasar yang diciptakan, itu sejak 18 tahun lalu. Melihat Indonesia dengan mayoritas Islam, potensi pasarnya tentu besar” Ujar Staff Bagian Humas dan Media Cetak Abdul Ajid.

Lebih lanjut, Ajid mengatakan dengan menghadirkan ratusan penerbit dari puluhan ribu judul, IBF diharapkan mampu menjadi ajang para umat muslim secara luas, dan khususnya para santri dari berbagai pesantren mencari buku-buku Islam.

 

Baca juga:

Pikat Pengunjung IBF 2019, Booth Bimas Kemenag Hadirkan 1000 Mushaf Alquran dan Buku Islam Gratis

 

“Yang membedakan tahun ini dengan sebelumnya, sudah ada Halal Food festival, Kid Zone bagi anak-anak berwisata edukasi, juga ada lifetime achievement award yang baru diadakan di tahun ini” jelasnya.

Pada perhelatan yang berlangsung sejak tahun 2002, IBF konsisten mendorong masyarakat untuk lebih akrab lagi dengan dunia perbukuan, khususnya buku-buku bertema keislaman. Menurut data yang dikeluarkan oleh IBF sejak pertama kali digelar, jumlah pengunjung di tahun pertama penyelenggaraan, pameran ini dikunjungi sebanyak 108000 orang. Kemudian terus meningkat setiap tahunnya. Tercatat di tahun ini setiap harinya mencapai 180000 orang perhari. Angka yang sangat fantastis menunjukkan gelaran ini menjadi gelaran yang ditunggu masyarakat.

Salah satunya, pengunjung Anggi dari Karawi Tangerang yang mengaku senang dengan helatan ini.

“Bagus banget acara ini bisa jadi tempat kita sama-sama cari buku, ada kajian, talkshow, bazaar pakaian, dan pastinya harganya lebih murah dari toko pasaran. Pesannya, IBF nggak boleh kalah rame dengan acara lain, makin dikencangkan lagi sosialisasinya supaya semakin banyak yang tau dan hadir di acara ini” Katanya. (nov)

 

Baca juga:

Buku Risalah Tuntunan Sholat Raih Lifetime Achievement di Ajang Book Award IBF 2019


Back to Top