‘Muslim Lifestyle Festival 2019’ Jadi Pameran Industri Syariah Terlengkap Pertama di Jakarta

gomuslim.co.id - Perkembangan gaya hidup Islami di Indonesia mengalami peningkatan seiring bertambanhnya pemeluk Islam di Indonesia. Hal ini menjadi peluang bagi pengusaha Muslim untuk mengembangkan muamalah syariah.

Tahun ini, PT Lima Armada Utama (Lima Events) dan AMK Events akan berkolaborasi menggelar pameran industri syariah dan halal yang bertajuk Muslim Lifestyle Festival 2019 dan Islamic Tourism Expo 2019. Perhelatan akbar ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriah dan akan digelar pada tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2019 di Assembly, Plenary, Cendrawasih, Main Lobby, dan Lower Lobby Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dengan mengusung tema “Integrasi Gaya Hidup Islami”, kegiatan ini akan menggabungkan tiga kolaborasi, yaitu; Muslim Lifestyle Festival 2019, Indonesia Tourism Expo 2019, Islamic Education Expo 2019.

Turut hadir dalam presscon di antaranya;  Direktur Utama PT Lima Armada Utama (Five Event), Lia Indriasari, Direktur Pelaksana Islamic Tourism Expo, Bambang Hamid, Pembina Yayasan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad, ustadz Edi Suwanto, Direktur Lima Events, Deddy Andu, Komunitas Pengusaha Muslim (KPMI), Rachmat S Marpaung.

 

Baca juga:

Benda Elektronik Tak Wajib Sertifikat Halal, Ini Alasannya

 

Lia mengatakan Muslim Lifestyle Festival 2019 ini menjadi ajang temu dan kolaborasi pengusaha Muslim, akademisi, dan pemerintah untuk melakukan kerjasama pameran halal food, Islamic finance, halal travel, modest fashion, halal media dan cosmetic dan pharmaceutical.

“Dalam festival ini kami akan banyak menghadirkan kegiatan, diantaranya; kajian, sharing session, fashion show, exhibitors product presentation, talkshow dan seminar, one to one business matching, Islamic business consultation, Islamic job fair, niqob trial, dan students day,” papar Lia saat ditemui gomuslim pada presscon Muslim Lifestyle 2019 di Kakatua Room, JCC, Rabu (13/03/2019).

Bambang selaku kolaborator optimis gelaran Muslim Life Fest 2019 akan menjadi festival terlengkap dengan adanya beragam pilihan produk dan jasa halal.

“Dari segi pariwisata sendiri, Indonesia memiliki ratusan destinasi wisata yang apabila diolah, misalnya dengan menyediakan penginapan, makanan dan minuman halal, dapat menjadi potensi ekonomi yang sangat besar bagi Indonesia, ” tutur Bambang.

Gelaran ini juga akan menampilkan kolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI). Sesuai visi dan misi KPMI sedapat mungkin berkontribusi untuk menyebarluaskan ilmu tentang bagaimana pengusaha Muslim melaksanakan dan mengelola usahanya sesuai dengan contoh yang diberikan oleh Rasulullah dan para sahabat.

“Pameran ini memberikan kesempatan bagi pengusaha dan calon pengusaha Muslim untuk menjalin jejaring B2B dan B2C,” ujar Rachmat.

Tak hanya dari segi produk dan jasa, sisi literasi dan edukasi Islami juga turut berperan mendukung festival ini. Ketua Pelaksana International Islamic Education Fair, Zuhdi Efianto menuturkan, pihaknya juga akan turut berkolaborasi dari sisi lembaga pendidikan Islam.

“Rencananya akan ada talkshow yang akan mengupas sejumlah kendala yang dihadapi pelajar Indonesia untuk kuliah dan bekerja di luar negeri terutama di Timur Tengah, seperi pengurusan visa, lagalisir dan lain sebagainya. Kami juga akan mengundang menteri luar negeri untuk duduk bersama memecahkan permasalahan ini,” jelas Zuhdi.

Pameran yang menargetkan 50 ribu pengunjung selama tiga hari ini nantinya akan dibandrol dengan harga tiket 25 ribu per orang. Muslim Lifestyle Festival 2019 dapat dijadikan sebagai momentum untuk mendorong berkembangnya industri syariah dan halal di tanah air dan menjadi ajang bagi para pelaku industri syariah untuk terhubung secara langsung dengan para pelanggan maupun calon pelanggan potensial, serta menambah wawasan mengenai produk dan jasa yang halal. (nat/foto:gomuslim)

 


Back to Top