Produk Cat Ini Resmi Dapat Sertifikat Halal MUI

gomuslim.co.id – Pemberian sertifikasi halal terus dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bukan hanya produk makanan, minuman, dan obat-obatan, sertifikasi halal juga diberikan untuk produk lain seperti cat.

Baru-baru ini, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik (LPPOM) MUI menyerahkan sertifikat halal PT Rajawali Hiyoto untuk produk cat Maritex. Penyerahan dilakukan Direktur LPPOM MUI Pusat Lukmanul Hakim kepada Brand Manager Maritek, Yusuf Aristiana di Bandung, Rabu (13/03/2019).

Sertifikat halal untuk produk cat Maritex ini merupakan sertifikat halal pertama diberikan oleh MUI kepada produsen cat. Dengan adanya sertifikat tersebut, bahan baku produk cat Maritek terjamin tidak menggunakan unsur babi.

Lukmanul Hakim menjelaskan bahwa cat menjadi salah satu produk yang bisa mendapat sertifikasi halal. Hal ini karena unsur cat yang bersentuhan dengan tubuh dan banyak digunakan di rumah serta masjid.

“Produk cat yang telah tersertifikasi memiliki unsur suci dan halal, kalau produk lainnya tidak tahu. Karena bahan bakunya harus dilihat mengandung babi atau enggak. Jadi hukumnya menjadi makruh untuk produk itu," ujarnya.

Sebelumnya, pernah ada produk cat yang mengajukan dan mendapatkan sertifikat halal namun pada perjalanannya, produsen dari produk cat tersebut tidak memperpanjang sertifikat halal.

Lebih lanjut, Lukmanul Hakim menuturkan salah satu hal yang menyebabkan produk cat tersebut tidak halal ialah terkait dengan komponen atau bahan penyusun cat. "Yang kita tahu, ada informasi di dunia cat itu, bahan penyusun catnya ada yang mengandung gelatin babi yakni di binder atau resinnya," katanya.

Pihaknya menilai wajar jika publik bertanya-tanya tentang alasan kenapa MUI harus repot-repot mengeluarkan fatwa halal untuk produk catat. "Kami paham jika kami dibully karena ini. Kenapa cat harus disertifikat halal, kenapa kain harus disertifikat halal. Itu wajar. Fatwa dari MUI dikeluarkan atas dasar jawaban, hukum atau fenomena dari masyarakat," kata dia.

Lukmanul Hakim berharap, produk cat lainnya mengikuti langkah Maritex, mendaftarkan sertifikasi halal pada produknya. Apalagi mendapatkan sertifikasi halal MUI, kata dia, tidak sulit. Asalkan semua bahan baku dan prosesnya dilakukan secara halal.

Di Indonesia, produk cat yang mendapatkan sertifikasi halal sangat jarang. Dia memprediksi, hanya Maritex yang telah mengantongi sertifikasi ini. Berbeda dengan di Malaysia dan negara muslim lainnya, banyak produk cat bersertifikasi halal.

 

Baca juga:

Benda Elektronik Tak Wajib Sertifikat Halal, Ini Alasannya

 

Pada kesempatan yang sama, Yusup Aristiana mengatakan alasan pihaknya melakukan sertifikasi halal untuk produk cat Maritex karena ingin membuat konsumen terutama umat muslim merasa aman, nyaman dan tentram dalam menggunakan produk cat, khususnya produk Maritex.

"Dan saat ini, konsumen sudah mulai kritis mereka akan selalu mencoba mencari tahu tentang produk yang digunakan baik yang dimakan, dihirup atau disentuh," kata Yusup.

Dia mengatakan tidak hanya sertifikat atau jaminan halal dari MUI saja, jaminan kualitas produk catnya juga senantiasa dijaga. "Produk kami menawarkan kualitas terbaik dengan harga bersaing yang cukup terjangkau di kelasnya. Selama ini kami bermain di pasar menengah ke bawah untuk produk cat ini," jelasnya.

Yusup menargetkan dengan diraihnya sertifikat halal untuk produk cat Maritex, maka akan mendongkrak penjualan produk tersebut hingga 20 persen. "Kalau ditanya target, kami tidak bisa menyebutkan, target kami sebanyak-banyak. Tapi kami optimistis dengan diraihnya sertifikat halal dari MUI akan mempengaruhi penjual kita, bertambah 20 persen," ungkapnya.

Untuk lebih mengenalkan produk cat bersertifikat halal, lanjut Yusup, pihaknya menggelar acara bertema "Safari Maritex Halal" ke masjid-masjid di permukiman warga. "Kenapa kami pilih masjid di permukiman, karena di situ targetnya jelas," katanya.

Sementara itu, Compliance Committee Head PT Rajawali Hiyoto, Wahyu Murbandono mengatakan tidak ada desakan dari konsumen untuk menuntut agar pihaknya mengeluarkan sertifikat halal untuk setiap produk-produknya. "Ini bentuk respon aktif dan komitmen kami untuk menghadirikan produk halal dan kampanye produk halal di kita," tutupnya. (njs/antara/sindo/foto:prfmnews)

 

Baca juga:

Ini Alasan Sido Muncul Baru Kantongi Sertifikat Halal

 


Back to Top