Ajak Warga, MCM Siap Bersihkan Ribuan Masjid di Jabodetabek

gomuslim.co.id – Ada banyak cara untuk mencintai masjid. Salah satunya seperti Masyarakat Cinta Masjid (MCM) yang baru-baru ini menjalankan program bersih-bersih masjid, di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Rencananya, gerakan ini akan dilakukan di sejumlah masjid yang ada di Jabodetabek. MCM juga memberikan paket alat kebersihan dan tenaga untuk membersihkan masjid dan mushala kampung.

Ketua Umum Wishnu Dewanto mengatakan, program bersih-bersih masjid ini merupakan realisasi dari imbauan Wakil Presiden sekaligus ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), M Jusuf Kalla. Lewat program ini, pihaknya juga mengajak warga yang tinggal di lingkungan sekitar masjid untuk peduli terhadap kebersihan tempat ibadah mereka.

"Ini menjadi momentum untuk bergeraknya program bersih-bersih masjid dan mushala. Untuk jumlahnya sendiri yakni mencapai 5.000 masjid dan mushala yang berada di sekitar DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Program bersih-bersih rumah ibadah ini menindaklanjuti arahan dari Bapak Jusuf Kalla selaku ketum DMI," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/03/2019).

Selain itu, MCM juga akan turut aktif membersihkan dari segi kegiatan-kegiatan yang berbau politik praktis. Menurutnya, kegiatan ini juga akan membersihkan masjid dari hoaks atau berita bohong yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab.

 

Baca juga:

Optimalkan Fungsi Masjid, DMI Siap Bersih-bersih 800 Ribu Masjid di Tanah Air

 

"Secara fisik, masjid itu harus bersih sebagai rumah ibadah, akan tetapi masjid juga harus bersih dari segi kegiatannya. Contohnya seperti menjamin masjid untuk tidak digunakan sebagai kepentingan politik praktis karena fungsi utama masjid merupakan tempat para umat Islam beribadah, beriman, dan bertakwa," jelasnya.

MCM menargetkan sebanyak 5.000 masjid dan mushala se-Jabodetabek akan mendapat giliran untuk dibersihkan yang akan dilakukan oleh Komunitas Pecinta Sepeda dan Alumni Universitas Pancasila.

Ia juga menjalin kerja sama dengan Komunitas Sepeda Jakarta yang nantinya akan melibatkan 5.000 pesepeda  dalam upaya untuk mengingatkan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

Charlie Tendean, ketua panitia bersepeda mengatakan tujuan kegiatan bersepeda bersama ini adalah memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya menggunakan hak pilihnya pada pemilu nanti. (njs/rls/foto:masjidcutmutia)

 

Baca juga:

Begini Aksi Bersih-Bersih Masjid Istiqlal oleh Komunitas Pencinta Alam Jakarta

 


Back to Top