Disperindag Banjarmasin Fasilitasi UMKM Dapat Sertifikat Halal

gomuslim.co.id – Pengembangan wisata halal terus dilakukan di sejumlah daerah. Salah satunya seperti Banjarmasin. Baru-baru ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjarmasin menyatakan siap mendorong produk halal dari pelaku UMKM.

Menurut Kepala Disperindag Banjarmasin H Khairil Anwar pihaknya memang serius menggarap program wisata halal ini sejak beberapa tahun terakhir. Buktinya, Disperindag Banjarmasin gencar menfasilitasi UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal.

"Kami selalu menfasilitasi UMKM untuk bisa mendapatkan sertifikat halal, namun karena anggaran terbatas jadi masih sedikit setiap tahunnya," jelasnya.

Tahun ini, Disperindag Banjarmasin menganggarkan 15 pelaku UMKM yang mendapatkan sertifikat dan berharap tahun depan bisa lebih banyak lagi. "Dengan makin banyak produk bersertifikat halal di Banjarmasin maka akan sangat mendukung upaya pemko Banjarmasin untuk mengembangkan wisata halal di Banjarmasin,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua APJI Kalsel M Akbar mengatakan sertifikasi halal sangat penting, terutama untuk produk makanan dan minuman. Apalagi bagi UMKM yang ingin masuk diritel modern atau ingin ekspor ke negara negara yang.mayoritas penduduknya muslim.

 

Baca juga:

Maraknya Produk Korea di Indonesia, LPPOM MUI Gelar Edukasi Jaminan Halal di Korea

 

"Memang untuk mendapatkan sertifikasi halal ini tidak mudah dan perlu biaya yang cukup besar sekitar Rp2 jutaan sampai Rp3 jutaan," ucapnya.

Pemerintah daerah sendiri diakui Akbar tidak bisa memberikan fasilitas sertifikasi halal untuk semua UMKM secara gratis. Untuk itulah, APJI mencoba memfasilitasi pelaku UMKM bisa mendapatkan sertifikasi halal dengan biaya yang cukup ringan. Termasuk untuk UMKM binaan organisasi pengusaha seperti IWAPI, Kadin dan lain lain.

"Untuk menfasilitasi secara gratis kami masih belum bisa, tapi kami bisa memfasilitasi keringanan biaya sampai 50 persen," tambahnya.

Tak hanya keringanan biaya, proses pembuatan sertifikasi juga bisa diperpendek proses, kalau biasanya lebih satu bulan, lewat APJI prosesnya 2 minggu. "Yang penting UMKM ada kemauan untuk mendapatkan sertifikasi, silahkan datang ke APJI dan kami siap membantu," tutupnya. (njs/kalselprokal/foto:kincia)

 

Baca juga:

Produk Cat Ini Resmi Dapat Sertifikat Halal MUI


Back to Top