The Swimming Lesson, Film Pendek yang Kisahkan Muslimah Berpakaian Renang Syar'i di Amerika

gomuslim.co.id – Terinspirasi oleh foto siswa muslimah dengan pakaian renang syar’i, seorang filmmaker sekaligus aktris, Elizabeth Rodgers membuat sebuah film pendek dengan judul The Swimming Lesson. Film tersebut mengisahkan tentang muslimah saat mereka mengambil pelajaran renang pertama mereka.

Rodgers mengatakan, awalnya ia diperlihatkan foto-foto siswa berpakaian pakaian renang syaro di kolam renang sekolah oleh salah seorang temannya, yakni Christian Lim, seorang anggota dewan di Sekolah Tinggi Borah, Boise, Idaho. Lalu karena tertarik, Rodgers kemudian mengatur pertemuan dengan gadis pengungsi tersebut.

“Mereka baru berada di Amerika selama sekitar satu setengah tahun pada saat itu. Saya ke tengah-tengah mereka dan berpikir bahwa 'Ini terdengar seperti ide bagus untuk membuat sebuah film' dan mereka seperti kaget awalnya. Memang terdengar sepenuhnya asing.” kata Rodgers, seperti dilansir dari MySalaam, Selasa, (19/03/2019).

 

Baca juga:

The Mosquers Film Festival Pamerkan Karya Sutradara Muslim

 

Beberapa wawancara masuk ke dalam naskah, yang ditunjukkan Rodgers kepada para gadis dan dua siswa lainnya, Samara dan Wadha, yang juga setuju untuk membintangi film tersebut. Aheda Zanetti, wanita Australia-Lebanon yang menginisiasi pakaian renang syar’i, juga menasihati Rodgers sebelum menyelesaikan naskah, dan dia memberikan pakaian renang syari  yang akan dikenakan oleh para aktor selama pemotretan.

Film ini akan diputar pertama kali di Filmfort dengan film pendek lainnya pada tanggal 23 Maret di Hilton Garden Inn di Boise, Idaho. Setelah pemutaran 23 Maret di Hilton Garden Inn, akan ada panel dengan Rodgers dan aktor dalam film: pengungsi Afghanistan Shukriya Chaman Shah, pengungsi Suriah Samara Alsalim, pengungsi Irak Wadha Al Ghazzi dan Iran Neekey Habibi. (nov/mysalaam)

 

Baca juga:

Film Tentang Keluarga Muslim Ini Sabet Penghargaan di Festival Sinema Australia-Indonesia 2018


Back to Top