Mahasiswa UII Sabet Juara Tiga Lomba Hafiz Alquran se-ASEAN

gomuslim.co.id - Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Aldi Fahmi Mustofa berhasil meraih predikat Juara III dalam ajang Musabaqah Hifdzil Quran dan Hadis Amir Sulthon bin Abdul Aziz se-ASEAN dan Asia Pasifik 2019.

Mahasiswa program studi ekonomi Islam pada Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) itu menerima hadiah dan penghargaan. Di antaranya, kesempatan menunaikan ibadah haji dengan biaya ditanggung panitia penyelenggara lomba.

Ajang Musabaqah Hifzhil Quran dan Hadis itu digelar pada 11 hingga 14 Maret 2019 lalu di Jakarta. Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Duta Besar Saudi Arabia. Hingga tahun ini, musabaqah tersebut

"Saya juga menjalani rutinitas perkuliahan, jadi harus pandai-pandai membagi waktu. Dan terus berlatih dengan cara dibaca berulang-ulang, " tutur Aldi, Rabu (20/03/2019).

Gelaran yang ke-11 kalinya ini berhasil mendapat peserta Musabaqah Hifzhil Quran dan Hadis lebih dari 100 orang. Mereka berasal dari 26 negara-negara ASEAN dan Asia Pasifik.

 

Baca juga:

Tahfiz Alquran Jadi Syarat Seleksi Perguruan Tinggi di Malaysia

 

Selama mengikuti kompetisi itu, Aldi mengaku harus mempersiapkan mental. Dia merasa, kesiapan mental sangat penting karena ajang itu termasuk level internasional. Para dewan juri terdiri atas, antara lain, imam-imam dari Masjid al-Haram.

Aldi mengaku, salah satu motivasinya untuk mengikuti kompetisi ini ialah mengoreksi dan mengukur kelancarannya dalam menghafal Alquran.

“Tidak semua penghafal dapat lancar dalam menghafalkan saat mengikuti lomba. Terlebih, mereka harus memiliki mental yang sangat kuat agar ketika diuji di depan orang hafalannya tidak hilang. Nah, dari situ kita bisa mengukur dan meningkatkan kualitas hafalan kita," kata dia.

Perlombaan ini sendiri bukan yang pertama kali bagi Aldi. Sebelumnya, dia memenangkan kategori Hifzhil Quran dalam Musabaqah Hifzhil Quran dan Hadis. Dia pernah mendapatkan Juara 1 kategori 20 juz golongan putra dalam Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits Pangeran Sultan bin ABdul Aziz Alu Su'ud.

Penghargaan pertama pada 2019 itu didapatkan untuk tingkat nasional. Gelaran itu berlangsung pada 28 hingga 31 Januari 2019 lalu, berkat kerja sama Kementerian Agama (Kemenag) dengan Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi. (nat/uii/rep/dbs/foto:UII)

 


Back to Top