BWA Ajak Masyarakat Berwakaf Perahu Ketinting dan Alat Tangkap Ikan di Cilacap, Begini Caranya

gomuslim.co.id Salah satu jenis wakaf adalah wakaf produktif, yaitu sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan.

Badan Wakaf Al Quran (BWA) adalah salah satu lembaga filantropi yang sukses menjalankan program wakaf produktif. Mengawali program Wakaf Produktif Pemberdayaan, pada tahun 2018, BWA telah berhasil merealisasikan proyek 10 perahu ketinting untuk Masyarakat Desa Sagu, Adonara, NTT.

Selain itu, pendampingan intensif dan pengembangan kapasitas bagi nelayan setempat juga telah sedang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan nelayan penerima manfaat dari project tersebut.

Berbekal pada keberhasilan BWA dalam program tersebut, kini BWA kembali mengajak para wakif untuk berwakaf Perahu Ketinting dan Alat Tangkap Ikan. Program ini akan berlangsung di Cilacap Jawa Tengah, tepatnya di  Desa Kutawaru Kecamatan Cilacap Tengah.

 

Baca juga:

Program Badan Wakaf Al-Qur’an

 

Seperti diketahui, Cilacap menjadi salah satu wilayah yang memiliki jumlah masyarakat berprofesi nelayan dengan jumlah yang cukup banyak. Sekitar 25.000 jiwa tercatat di Badan Pusat Statistik (2015) berprofesi nelayan yang tersebar di berbagai kecamatannya. Potensi SDM yang sangat besar untuk mengelola potensi maritim Cilacap.

Ustadz Hasan Kristo selaku partner lapangan BWA, Kutawaru mengatakan bahwa Kutawaru memiliki potensi untuk mulai dikembangkannya proyek perahu ketinting tersebut. Tujuannya untuk membantu meningkatkan kondisi ekonomi nelayan muslim setempat. Selain, perahu juga sebagai media dakwah agar masyarakat nelayan, khususnya bapak-bapak nelayan, mau mulai mengkaji Islam, agar kualitas kehidupan mereka semakin baik dan diberkahi Allah Subhanallah wa ta’ala.

Berdasar melihat potensi dan sumber yang ada di Kutawaru, BWA menyusun proyek Wakaf Produktif Pemberdayaan masyarakat pesisir untuk diimplementasikan guna mengembangkan kualitas pribadi, keluarga, dan ekonomi masyarakat Kutawaru. Donasi yang Dibutuhkan untuk project ini sebesar  Rp. 720.000.000. Bagi para wakif atau calon pewakif bisa langsung mengunjuni website BWA untuk berdinasi. Hingga saat ini program ini masih membuka donasi.  (bwa)

Berwakaf Perahu Ketinting dan Alat Tangkap Ikan

 

 


Back to Top