Kemenkominfo: Fatwa Haram Game PUBG Masih Tunggu Hasil Kajian MUI

gomuslim.co.id - Game Player Unknown’s Battleground (PUBG) Mobile sempat mendapat soorotan terkait kasus penembakan di New Zealand. Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) turut mengambil langkah pencegahan agar hal serupa tidak terjadi kepada generasi muda di tanah air.

Karena itu, MUI mencanangkan agar dikelarkan fatwa haram terkait game tersebut. Merespon hal itu, Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Informasi dan Informatika (Kemenkominfo) Samuel Abrijani masih menunggu hasil kajian MUI tentang fatwa haram.

Kemenkominfo bakal melihat hasil kajian MUI sebelum memutuskan menutup game itu. Samuel mengatakan, Kemenkominfo tak bisa sembarangan menutup sebuah game. Kemenkominfo wajib melihat hasil kajian lembaga terkait seperti MUI lebih dulu sebelum memutuskan.

Sebab, hasil kajian MUI bisa dianggap sebagai dasar penutupan. Ia menyebut pertemuannya dengan MUI diadakan pada Selasa (26/03/2019), hari ini.

"Tentu kita tidak mungkin asal tutup (game) dan pasti ada kajiannya. Enggak mungkin juga MUI memberikan rekomendasi tanpa kajian yang mendasar," ujar Samuel.

 

Baca juga:

MUI Jabar: Game PUBG Perlu Dipertimbangkan Terkait Fatwa Haram 

 

Adapun, indikator penutupan game, kata dia, yaitu adanya dampak buruk bagi pemainnya. Jika terbukti ada dampak negatif dan dirasakan oleh masyarakat atau perlu pembatasan PUBG.

Dalam hal ini, Kemenkominfo juga memiliki punya pedoman penetapan batasan umur pada semua game yang diklasifikasikan dari usia 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, dan 18 tahun.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik, PUBG masuk kategori games 18+ sehingga game itu hanya boleh dimainkan oleh orang berusia 18 tahun ke atas.

Namun, pedoman hanya menyasar usia dan belum menyentuh pada batasan waktu sebagaimana yang telah diujicobakan di negara India.

"Menarik juga aturan pembatasan waktu bermain game, tapi harus ada aturannya. Karena berdampak untuk game yang lain. Kalau kalau pembatasan artinya harusnya serempak,” tandasnya.

Sementara, di India game PUBG memiliki batasan waktu yakni selama enam jam. (nat/dbs/foto:CNBC)

 


Back to Top