Minimalkan Biaya, BPKH Akan Beli Dua Pesawat Khusus Jemaah Haji

gomuslim.co.id - Untuk mempermudah mobilisasi ibadah haji, Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Abdul Hamid Paddu mengatakan, pihaknya akan melakukan investasi di bidang alat transportasi pengangkutan jemaah haji dan umroh dengan membeli dua pesawat besar.

Pihaknya akan melakukan investasi di bidang alat transportasi pengangkutan jemaah haji dan umroh. Dalam hal ini, Garuda menawarkan untuk membeli dua buah pesawat dan akan dioperasikan untuk jemaah haji dan umroh sehingga tarif untuk jemaah bisa lebih minim.

“Saat ini tarif pesawat mencapai Rp 30 juta per jemaah pulang pergi dari Indonesia ke Jeddah jika musim haji. Berbeda dengan hari-hari biasanya yang hanya Rp 15 juta hingga Rp 20 juta,” tutur Abdul Hamid Paddu dalam Diseminasi Pengawasan Aktifitas Efisiensi, Operasional dan Kemaslahatan Haji Dengan Stakeholder Perhajian yang di gelar di Hotel Rinra, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Kamis (28/03/2019).

 

Baca juga:

DPR Resmi Sahkan UU, Ini 12 Ketentuan Terbaru Penyelenggaraan Haji dan Umrah

 

Jika dana haji dikelola dengan pembelian 2 pesawat, lanjut dia, bisa lebih menguntungkan. Selain menghasilkan, biaya untuk jemaah haji bisa lebih murah lagi meski pada musim-musim haji. Jadi 2 pesawat itu dibeli untuk mengangkut jemaah haji dan umroh.

Usulan BPKH untuk pembelian 2 pesawat untuk jemaah haji dan umroh disambut baik oleh anggota Komisi VIII DPR RI, Syamsu Niang. Menurut dia, dana haji yang terkumpul bagusnya jika dikelola untuk investasi transportasi udara untuk jemaah.

“Kalau bisa dana haji diinvestasikan ke penyewaan transportasi udara dengan menyewa pesawat untuk digunakan jemaah haji. Jika bisa sih beli pesawat, lebih bagus lagi. Karena biaya pesawat untuk haji Rp 30 juta per jemaah. Itu sangat mahal dan komponen haji yang paling mahal itu adalah pesawat. Nah, kalau bisa membeli pesawat, nah bisa lebih murah lagi untuk pembiayaan pesawat haji,” pungkasnya. (nat/kompas/dbs/foto:garudaindonesia)


Back to Top