#IndonesiaFashionWeek2019

KAENINA by Rokhmi Fitria Tampilkan Busana Muslimah Kombinasi Jumputan dan Batik Khas Suku Dayak Borneo di IFW 2019

gomuslim.co.id – Berkomitmen menghadirkan desain Urban Style dengan gaya kekinian, Rokhmi Fitria melalui Kaenina By Rokhmi Fitria memperkenalkan kekayaan khas Kalimantan Timur dengan tema ‘Charming Anjat Borneo’ di ajang Indonesia Fashion Week 2019. Pada karyanya kali ini, Rokhmi mengangkat culture value yaitu anjat dan kain kombinasi jumputan serta batik tulis pewarna alami demi memenuhi kebutuhan generasi urban yang dinamis tetapi sekaligus melestarikan budaya Indonesia.

"Saya kombinasikan, sembilan look yang ditampilkan di fashion show IFW 2019, dipadukan dengan tas Anjat yang sudah sulit ditemukan. Dalam setiap desainnya kami mengajak kaum urban untuk menikmati kekayaan budaya Indonesia dan mengexplore heritage Indonesia melalui cerita yang dihadirkan sebagai bagian detail desainnya," tutur Rokhmi Fitria, kepada gomuslim saat ditemui di IFW 2019, Jakarta, Jumat (29/03/2019).

Untuk diketahui, Anjat merupakan tas tradisional suku Dayak yang terbuat dari rotan dan memiliki beragam motif yang sangat indah. Tas punggung berbentuk silinder ini sangat unik dan digunakan oleh suku dayak laki laki untuk membawa perbekalan selama berburu dan suku dayak perempuan menggunakannya untuk menyimpan baju dan makanan saat berkebun.

 

Baca juga:

Ballgown, Koleksi Terbaru Busana Muslimah Mayesa Premium di Ajang IFW 2019

 

"Tas ini dibuat melalui 3 tahapan yaitu nonjak (membentuk lubang lubang bakal tali anjat), dilanjutkan dengan ngerara yaitu proses membuat motif, tahap terakhir adalah klikar yaitu menganyam bagian bawah yang berbentuk bulat," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan keunikan, keindahan motif anjat yang beragam dan proses pembuatannya yang bertahap menjadi inspirasi Rokhmi Fitria dengan menghadirkan beragam motif anjat menjadi detail dalam balutan urban style yang unique, luxe dan modern.

Sementara itu, ia menambahkan koleksi yang ditampilkan merupakan busana padu padan yang luxury. Ini mengambil trend Neo Medieval dengan color range dark golden rod, white, Tan, wheat, bisque dan richblack. Dengan menggunakan bahan bertekstur halus, kaku dan mengkilat untuk menghadirkan outfit yang luxury dan unik dengan detail berbagai motif anjat yang dibuat dengan tehnik kombinasi jumputan dan batik tulis juga payet. (nov/gomuslim)

 

Baca juga:

Brand Mayra Tampilkan Busana Muslimah Simpel Syar’i di IFW 2019


Back to Top