Sering Dengar Shalawat Sabyan Gambus, Youtuber Korea Ini Memeluk Islam

gomuslim.co.id- Seorang Youtuber asal Korea Hwang Woo Joon yang populer dengan sebutan Ricky Ujung atau Ujung Oppa baru-baru ini menjadi sorotan. Dia sering mengunggah konten video berbahasa Indonesia. Rupanya, ia merupakan lulusan S1 jurusan penerjemahan bahasa Melayu dan Indonesia. Ia juga mengajar bahasa Indonesia di Korea.

Bahkan, selama 15 tahun terakhir, Ujung Oppa sering pulang-pergi dari Korea ke Indonesia. Awalnya, ia melakukan hal itu untuk urusan pekerjaan di bidang pendidikan, tapi kini ia justru memiliki banyak teman, bahkan fans. Akun Youtube Ujung Oppa telah memiliki 1,2 juta subscribers yang didominasi oleh orang Indonesia.

"Tinggal di Indonesia, saya udah biasa menonton, mendengar, dan ketemu Muslim. Islam jadi nggak asing. Misalkan mendengar adzan, salawat, dan sering mencoba makanan halal di Indonesia dan Korea. Bahkan dulu saya nggak tahu sama sekali soal Islam dan ngak berminat," tutur Oppa dalam video yang diunggah di akun Youtube, Rabu, (27/03/2019).

Ia juga sering bertemu dengan grup musik Sabyan Gambus untuk kebutuhan konten Youtube. Oppa mengaku senang mendengar dan menyanyikan salawat. Hatinya merasa tenang setiap kali mendengar shalawat.

"Saya sering dengar salawat dari Sabyan Gambus, itu salah satu alasan membuat Ujung Oppa senang dan tidak asing dengan Islam. Kalau dengar salawat Ujung Oppa merasa tenang dan bahagia, entah kenapa. Udah beberapa tahun seperti itu," kata pria yang menjadi penyanyi dangdut Korea pertama di Indonesia.

Titik puncak keputusannya untuk menjadi mualaf adalah karena sahabatnya di Korea. Suatu ketika, ia mengajak temannya Muhammad Zon (nama baru setelah menjadi muallaf) untuk meliput kegiatan di masjid saat Idul Fitri.

Awalnya Muhammad zon tampak 'ogah-ogahan', karena menurut Ujung Oppa Islam di Korea masih sangat asing. Populasi Muslim hanya 0,05% saja. Namun, Zon pun akhirnya mengiyakan.

Usai ceramah dari ustadz, Ujung Oppa sempat bertanya perihal ketertarikannya terhadap Islam tapi ia takut terhadap larangan dalam agama tersebut. Ustadz kemudian memberikan penjelasan bahwa ia tak perlu takut.

Hanya dalam waktu dua jam saja berada di masjid, Muhammad Zon memutuskan mau masuk Islam saat itu juga. Ujung Oppa sempat bertanya beberapa kali untuk meyakinkannya, tapi ternyata ia telah yakin.

Muhammad Zon kemudian menikah dengan perempuan bercadar asal Indonesia yang tinggal di Korea. Ia dipecat dari tempat kerjanya karena tidak mau minum alkohol dan makan babi.

 

Baca juga:

Dukung Umat Muslim, Sejumlah Wanita Selandia Baru Kenakan Hijab



Perjuangannya sangat keras menurut Ujung Oppa, dan ia melihat Zon tetap bahagia. Dari sanalah ia bertambah yakin untuk memeluk agama Islam dan belajar lebih dalam lagi.

"Ujung Oppa juga ingin bahagia. Apa ya rahasianya dari mereka, bisa bahagia. Benar-benar bikin Ujung Oppa kepo. Tanpa paksaan, Ujung Oppa memutuskan untuk menjadi Muslim. Dan kita sekarang brother.

Untuk ke depan, Ujung Oppa akan bertemu ustadz dan belajar pelan-pelan tentang agama Islam, akan membuktikan bahwa pilihan Oppa benar," tandasnya.

Di akhir video, Ujung Oppa meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia untuk belajar agama Islam lebih baik lagi. Video itu kini telah ditonton hampir satu juta orang. (nat/wolipop/dbs/foto:instagram)


Back to Top