Sambangi Pedalaman Suku Togutil, Islamic Medical Service Berikan Pengobatan Gratis

gomuslim.co.id – Islamic Medical Service (IMS) ajak beberapa tim medis yang terdiri dari doter dan perawat sambangi suku pedalaman Togutil di Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, untuk memberikan pengobatan secara gratis. Hal tersebut karena, Suku Togutil dinyatakan belum pernah mendapatkan pengobatan atau pemeriksaan secara medis.

Pada akhir Maret 2019, untuk pertama kalinya suku Togutil bertemu dokter dan mendapat layanan kesehatan dari dari IMS. Sekitar 100 orang suku Togutil Mualaf yang mendapatkan layanan medis dari dokter.

"Masyarakat di pedalaman Halmahera Timur dan suku Togutil sebagian besar menderita penyakit kulit, gangguan telinga, asma, dan infeksi saluran pernapasan atas," kata Direktur IMS, Imron Faizin, Senin (1/4/2019).

Selain suku Togutil, Imron mengatakan, IMS juga memberikan layanan kesehatan berupa pengobatan umum terhadap 100 pasien di Desa Wasileo, Kecamatan Maba Utara. Kemudian IMS menuju Desa Patlean menggunakan mobil bak terbuka selama tiga jam perjalanan menyusuri hutan, rawa dan pantai. Di Desa Patlean sebanyak 100 warga mendapatkan layanan kesehatan. Untuk sampai ke dua desa tersebut dari Ternate dibutuhkan waktu dua hari perjalanan.

 

Baca juga:

Masya Allah, Puluhan Narapidana Ini Berhijrah dengan Hapus Tato


Sementara itu, Dokter Junaidi Salas, bagian dari tim IMS menceritakan, setelah dari Desa Patlean, IMS melanjutkan perjalanan lagi menggunakan perahu kecil menyusuri laut, rawa dan sungai. Kemudian menggunakan sepeda motor selama satu jam menuju Desa SP 1. Di sana sebanyak sekitar 50 warga mendapatkan layanan medis.

"Selanjutnya tim berjalan kaki kurang lebih selama sekitar satu jam menuju hutan untuk menemui suku Togutil yang telah mualaf, perjalanan yang luar biasa untuk bisa sampai ke desa-desa di pedalaman Halmahera Timur dan ketemu dengan orang-orang suku Togutil yang berada di hutan. Menjadi kebanggaan tersendiri bisa menjadi bagian dari tim IMS," ujarnya.

Untuk diketahui, sebagian orang suku Togutil masih berpindah-pindah tempat (nomaden), Tim IMS melalui Ustad Nurhardi, memperkenalkan dan memberikan edukasi tentang agama Islam, dan dengan perlahan-lahan warga Togutil tertarik dengan Islam dan memeluk Agama Islam. (hmz/release/IMS)

 

 

Baca juga:

IMS Bersama MTT Gelar Hapus Tato untuk Masyarakat Hijrah Bekasi


Back to Top