Kemenag Serahkan Lebih dari Rp 1,6 Miliar untuk Korban Banjir Sentani

gomuslim.co.id – Kementerian Agama menyerahkan bantuan lebih dari 1,6miliar untuk korban terdampak banjir bandang di Sentani. Bantuan yang bersumber dari dana tali asih ASN Kementerian Agama seluruh Indonesia ini diserahkan kemarin, Senin (01/04/2019) oleh Kepala Biro Umum Setjen Kemenag Syafrizal kepada Kakanwil Kemenag Papua Pdt. Amsal Yowei di Sentani, Jayapura.

“Saya menerima perintah langsung dari Pak Menteri Agama dan Pak Sekjen untuk segera berangkat, menyerahkan tanda kepedulian ASN Kementerian Agama atas bencana yang menimpa ASN kita di Kementerian Agama Provinsi Papua. Ini tidak hanya dilakukan disini, namun di Aceh, NTB, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Jawa Barat dan lain-lain yang mengalami bencana sebelumnya," terang Syafrizal di Jayapura.

Bantuan yang diserahkan berupa uang sebesar tali asih sebesar Rp1.670.500.000,-. Sementara untuk bantuan melalui dana DIPA, Syafrizal mengatakan masih  akan dikoordinasikan dengan semua Direktorat Jenderal terkait.

"Yang kami sampikan adalah tali asih. Ini berkat gerak cepat Kakanwil Kemenag Provinsi Papua menghimpun data korban terdampak dan menyampaikannya. Kecekatan dan kecepatan ini penting,” sambungnya.

Sebelumnya, Syafrizal yang juga Kepala Tim Tanggap Darurat Bencana Kementerian Agama RI, beserta tim dari meninjau sejumlah madrasah, gereja, rumah ASN, masjid dan SMTK yang terdampak banjir bandang yang terjadi pada 16 Maret 2019.

 

Baca juga:

BAZNAS Beri Layanan Kesehatan untuk Korban Banjir Bandang di Sentani

 

Kakanwil Kemenag Papua Pdt. Amsal Yowei menjelaskan, penanganan korban terdampak banjir bandang telah dibahas dalam Rakerwil, 21 sampai 22 Maret 2019. Tanggal 23 Maret 2019, digelas aksi peduli dari peserta Rakerwil dan Dharma Wanita se-Provinsi Papua sehingga terhimpun lebih dari 20 juta rupiah. Dana itu langsung disalurkan kepada korban yang berada di pengungsian kompleks Kantor Bupati Gunung Merah.

"Tali asih ini adalah dukungan dan penyemangat dari ASN Kemenag seluruh Indonesia bagi ASN di Kementerian Agama Provinsi Papua,” pungkas Syafrizal.

Penyerahan bantuan ini turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Keerom, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi, beserta beberapa pejabat Eselon III dan IV serta JFU di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua. (nov/kemenag)


Back to Top