#Lebaran2019

Ini Daftar Rute Kereta Mudik 2019

gomuslim.co.id - Arus mudik lebaran 2019 PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah jumlah kereta. Hal ini dilakukan karena masyarakat antusias dalam memilih moda transportasi kereta api (KA) untuk mengantarkan pulang ke kampung halaman.

Terdapat 24 kereta yang dioperasikan sebagai KA tambahan pada musim mudik kali ini, dengan rute perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia. Keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir (Jakarta) menuju kota Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan daerah lainnya.

Direktur PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, tiket tambahan KA mulai dijual Sabtu, (06/04/2019).

"PT KAI akan menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan mulai tanggal 6 April 2019 pukul 00.01 WIB," ujar Edi, Jumat (05/04/2019).

Kursi tersedia sebanyak 29.456 setiap harinya. Jumlah kursi yang disediakan ini meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, situs KAI, atau channel resmi eksternal lainnya. Masyarakat dapat menerapkan beberapa tips, salah satunya mencari rute dan tanggal alternatif.

"Jika tiket yang Anda inginkan habis, Anda bisa cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, Anda bisa memesan jalur Jakarta–Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak," ujar Edi.

Calon penumpang juga disarankan agar mencari kereta persambungan jika kehabisan tiket. Misalnya, dari Jakarta–Cirebon lalu Cirebon – Solo. Pastikan waktu antar kereta tidak telalu dekat, agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergianuntuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal yang tinggi peminatnya.

 

Baca juga:

Persiapan Lebaran 2019, Kemenhub Resmi Buka Pendaftaran Mudik Gratis

 

Selain itu, calon penumpang juga dapat melakukan pengecekan ketersediaan tiket secara berkala. PT KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.

"Apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI," pungkas Edi.

Lanjut Edi, penumpang diimbau untuk tidak membawa barang berlebihan. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga kenyamanan penumpang kereta. Pada sepuluh hari terkahir di bulan puasa, lanjut Edi, PT KAI juga akan menyediakan takjil gratis kepada penumpang di stasiun besar, serta buka dan sahur kepada seluruh penumpang (kecuali KA lokal).

KAI akan melakukan posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei sampai 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun.

Berikut daftar lengkap KA dan kapasitas kursinya:

1. KA Argo Dwipangga Fakultatif rute Solo-Gambir dengan kapasitas 1.000 kursi.

2. KA Argo Jati Fakultatif rute Gambir-Cirebon dengan kapasitas 800 kursi.

3. KA Argo Jati Tambahan rute Gambir-Cirebon dengan kapasitas 900 kursi.

4. KA Argo Lawu Fakultatif rute Gambir-Solo dengan kapasitas 1.000 kursi.

5. KA Argo Muria Lebaran rute Semarang Tawang-Gambir dengan kapasitas 1.000 kursi.

6. KA Argo Sindoro Lebaran rute Semarang Tawang-Gambir berkapasitas 1.000 kursi.

7. KA Brantas Lebaran rute Pasar Senen-Semarang Poncol-Blitar dengan kapasitas 1.868 kursi. 8. KA Cirebon Ekspres Fakultatif rute Gambir-Cirebon dengan kapasitas 1.080 kursi.

9. KA Gajayana Lebaran rute Gambir-Malang dengan kapasitas 900 kursi.

10. KA Kertajaya Lebaran rute Pasar Senen-Surabaya Pasarturi berkapasitas 1.868 kursi.

11. KA Kutojaya Selatan Lebaran rute Kiaracondong-Kutoarjo dengan kapasitas 1.328 kursi. 12. KA Kutojaya Utara Tambahan rute Pasar Senen-Kutoarjo berkapasitas 1.600 kursi.

13. KA Lodaya Lebaran rute Bandung-Solo dengan kapasitas kursi sebanyak 2.024.

14. KA Mataram rute Pasar Senen-Lempuyangan dengan kapasitas 1.140 kursi.

15. KA Matamarja Lebaran rute Pasar Senen-Malang berkapasitas 1.580 kursi.

16. KA Pasundan Lebaran rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng dengan kapasitas kursi sebanyak 1.368.

17. KA Purwojaya Lebaran rute Gambir-Cilacap dengan kapasitas 1.000 kursi.

18. KA Sancaka Lebaran rute Yogyakarta-Surabaya Gubeng berkapasitas 1.180 kursi.

19. KA Sawunggalih Lebaran rute Pasar Senen-Kutoarjo dengan kapasitas 1.280 kursi.

20. KA Sembrani Lebaran rute Gambir-Surabaya Pasarturi berkapasitas 900 kursi.

21. KA Senja Cirebon Fakultatif rute Pasar Senen-Cirebon dengan kapasitas 1.040 kursi.

22. KA Taksaka Malam Lebaran rute Gambir-Yogyakarta berkapasitas 1.000 kursi.

23. KA Taksaka Pagi Lebaran rute Yogyakarta-Gambir dengan kapasitas kursi sebanyak 1.000. 24. KA Tawangjaya Lebaran rute Pasar Senen-Semarang Poncol dengan banyaknya kursi 1.600. (nat/kompas/dbs/foto:tribun)


Back to Top