Bidik Pasar Global, Pameran Halal Matrade Malaysia Terus Tumbuh Sejak 2004

gomuslim.co.id - Pameran halal yang diselenggarakan oleh Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade) telah berkembang pesat sejak awal pada tahun 2004. CEO Matrade Datuk Wan Latiff Wan Musa mengatakan Malaysia International Halal Showcase (Mihas) pertama kali diadakan di tenda dekat gedung Matrade.

“Awalnya fokus pada industri makanan dan minuman, tetapi hari ini telah berkembang ke bidang-bidang seperti layanan keuangan Islam, produk pertanian, farmasi dan kosmetik, mode dan produk lainnya. Setelah 16 tahun Mihas telah menjadi pameran perdagangan halal top dunia dengan lebih dari 1.000 peserta pameran dari 44 negara tahun ini. Itu juga menarik pengunjung dari 80 negara,” kata Datuk Wan, seperti dilansir dari publikasi HalalFocus, Rabu, (10/04/2019).

Wan Latiff mengatakan Mihas 2019 menarik lebih dari 29.000 pengunjung dan lebih dari RM1, 6 miliar nilai ekspor tercatat. Dia menambahkan bahwa di atas itu mereka juga memiliki 43 presentasi merek dan 60 peluncuran produk.

 

Baca juga:

10 Destinasi Wisata Indonesia Ikut Ramaikan Malaysia International Halal Showcase 2019

 

Menurut Wan Datuk, dia menunjukkan bahwa umat Islam di seluruh dunia menghabiskan US $ 2,13 triliun pada tahun 2017 dan dari jumlah itu USD 270 miliar dihabiskan untuk “mode sederhana”. Dia mengatakan busana sederhana, cara berpakaian Muslim, diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun ini di Mihas.

Wan Latiff menunjukkan bahwa ini adalah pasar yang sangat besar dan desainer Malaysia diberi kesempatan untuk memamerkan karya mereka.

"Lebih dari 60% dari penjualan RM1,6 miliar dilakukan oleh perusahaan local, besar dan kecil," katanya.

Dia mengatakan Mihas adalah batu loncatan untuk Usaha Kecil dan Menengah setempat untuk memasuki pasar halal untuk mulai mengekspor produk mereka serta memperkuat jejak mereka di luar negeri. (fau/halalfocus/dbs)

 

Baca juga:

Jalin Sinergi Pelaku Klaster Halal Dunia, ModernCikande Turut Berpartisipasi di Ajang MIHAS 2019


Back to Top