Masjid Philadelphia Ini Hadirkan Layanan untuk Pemberdayaan Masyarakat

gomuslim.co.id – Setelah membuka pintu dua dekade lalu, sebuah masjid lokal di Germantown, Philadelphia mecoba untuk terus terlibat dalam dinamika lingkungan. Aksi tersebut direalisasikan dengan mengadakan pembicaraan bersama para tetangga dan membantu mereka yang membutuhkan tanpa memandang agamanya.

"Kami memiliki salah satu komunitas terbesar di Philadelphia yang terkait dengan masjid," kata Hassan Abdi, Imam Masjid Germantown seperti dilansir dari publikasi WHYY.org, Kamis, (11/4/2019).

Masjid ini secara teratur mengumpulkan dana dan membagikan makanan untuk tetangga Muslim dan non-Muslim di sekitarnya. “Kami percaya agar masyarakat dapat makmur, itu tidak selalu didanai pemerintah,” kata Abdi.

Menurutnya, ketika pengorganisasian dan amal berbasis masyarakat dilakukan, secara otomatis mengajak orang-orang untuk berkorban dan menyumbang. “Itu lebih tulus dan efektif karena semua orang terlibat dalam perjuangan,” ungkapnya.

Berdiri sejak 20 tahun lalu, Masjid ini menarik Muslim dari seluruh Philadelphia yang datang untuk shalat Jumat. Kadang-kadang jumlah jamaah bisa mencapai 800 hingga 1.200 orang.

 

Baca juga:

Warga Muslim Fiji Resmi Buka Masjid Terbesar di Kota Lautoka

 

Selain itu, Masjid ini juga memiliki sekolah dan menawarkan tempat untuk sholat harian. "Kami telah berada di sini cukup lama sehingga kami tahu lingkungan itu," kata Isa Underdue, seorang kontraktor perdagangan dan salah satu pemimpin komunitas Muslim.

Masjid Germantown bukan satu-satunya yang melayani mereka yang membutuhkan. Bulan lalu, komunitas Muslim Masjid Faizan Madina di Peterborough mengumpulkan ribuan pound makanan untuk membantu orang yang membutuhkan di seluruh dunia

Masjid di Birmingham juga membuka pintunya Februari lalu untuk membantu para gelandangan dan orang-orang yang tertidur selama musim dingin. Di Kuala Lumpur, Malaysia, sebuah masjid memperkenalkan sebuah cara baru untuk menawarkan beras kepada yang membutuhkan melalui Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dirancang khusus.

Zakat merupakan salah satu rukun dari lima rukun Islam. Ini merupakan kewajiban bagi semua Muslim yang memenuhi kriteria kekayaan. Zakat merupakan sumbangan amal wajib, karena ada hak orang miskin untuk mendapatkan bantuan dari orang kaya. Syariah Islam juga memiliki jenis lain dari donasi opsional yang disebut sedekah. Istilah ini digunakan dalam Alquran dan Sunnah untuk amal. (njs/whyy/aboutislam)

 

Baca juga:

Tuai Pro Kontra, Pembangunan Masjid di Sandwell Inggris Terancam Ditunda


Back to Top