#Lebaran2019

Jelang Mudik Lebaran 2019, PBNU Siapkan 3.600 Tiket Mudik Gratis

gomuslim.co.id – Jelang lebaran 2019, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terus menyediakan mudik bareng disetiap tahunnya. Kali ini, “Mudik Berkah Bareng NU (MBB-NU)” menyiapkan 3.600 tiket bagi masyarakat yang ingin pulang kekampung halaman

Ketua pelaksana, Ibnu Hazein mengatakan, tradisi mudik ini sudah menjadi rutinitas bagi Ummat Islam warga Indonesia disetiap tahunnya. Katanya, PBNU yang diinisiasi oleh Lembaga Tamir Masjid (LTM) turut andil dalam melayani masyarakat yang ingin berlebaran dikampung dengan memberikan moda transportasi bus secara gratis.

“Tahun ini sudah memasuki tahun ke-9 jadi kami LTM-PBNU sudah melaksanakan even seperti ini sudah delapan kali, delapan tahun, jadi sudah cukup berpengalaman,” ujar Huzein pada acara Launching Mudik Berkah Bareng NU 2019 di halaman Gedung PBNU, Jakarta, Ahad (14/4).

Ia menjelaskan, Armada bus sampai saat ini baru tersedia 2000 dari target 3600 seat dengan berbagai trayek/kota tujuan. Mulai dari Kuningan, Cilacap, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Kudus, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Malang, Mojokerto, Madiun, Banyuwangi via Situbondo juga Banyuwangi via Jember, Probolinggo, Surabaya, Sumenep, Pamengkasan, sampai Sumatera (Tulang Bawang dan Metro).

 

Baca juga:

KAI Sediakan Menu Sahur dan Takjil Gratis untuk Penumpang selama Ramadan 2019


“Hari ini kita akan sebar 200 Formulir untuk para pemudik, sedangkan 1.600 formulir akan dibuka pada 28 April 2019, maka bagi yang tidak kebagian nanti ada termin berikutnya,” jelasnya.

Selein itu, Huzein menyebut, di tahun ini cukup berbeda. Kali ini, PBNU menyediakan arus balik dari kampung ke Jakarta dan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2019, dilakukan secara terbatas di masing-masing pengurus wilayah dan cabang NU yang ditunjuk oleh LTM-PBNU.

“Istimewanya tahun ini panitia menambahkan liputan operasionalnya tidak hanya mudik dari Jakarta ke kampung, tapi ada arus balik, arus balik tapi tertentu, hanya dibatasi di Jawa Timur karena tahun ini baru uji coba,” jelasnya.

Menurut Huzein, tujuan diselenggarakannya mudik oleh LTM-PBNU yaitu membantu pemerintah dalam mengurangi kepadatan arus lalu-lintas, dan menarik minat para pemudik agar beralih menggunakan angkutan massal bus gratis.

Selain menyediakan mudik gratis, LTM-PBNU telah menyiapkan posko-posko lebaran berbasis masjid. Posko-posko tersebut ditempatkan di berbagai masjid mulai dari Merak – Banten sampai ke Banyuwangi – Jawa Timur.

Di samping itu, LTM-PBNU juga menyelenggarakan bakti sosial, mulai dari bersih-bersih Masjid (BBM) di beberapa Kota dan Kabupaten hingga memberi santunan kepada 200 santri dhu’afa dan anak yatim pada saat acara pelepasan mudik tanggal 30 Mei 2019 mendatang. (hmz/gomuslim)

 

Baca juga:

Persiapan Lebaran 2019, Kemenhub Resmi Buka Pendaftaran Mudik Gratis


Back to Top