Unit Usaha Syariah Bank Kalsel Realisasi Spin-Off pada 2022

gomuslim.co.id – Manajemen Bank Kalsel telah memutuskan secara internal untuk melakukan spin-off Unit Usaha Syariah (UUS) menjadi Bank Umum Syariah (BUS). Hal ini disampaikan Direktur Utama Bank Kalsel, H Agus Syabarrudin.

Menurutnya, Bank Kalsel sudah mempersiapkan spin off ini pada tahun 2022. “Kami sudah memutuskan spin-off. Insya Allah 2022. Langkah selanjutnya adalah eksekusi yang dilakukan untuk merealisasikan keputusan itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, proses spin-off ini sudah selesai dan berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa, 27 Februari 2019 lalu, para pemegang saham Bank Kalsel sepakat memberi kewenangan kepada komisaris dan direksi mencari alternatif.

"Pemilik saham Bank Kalsel, yaitu pemerintah daerah (Pemprov dan Pemkab/kota) sepakat untuk memberikan kewenangan kepada direksi dan komisaris mencari alternatif yang terbaik," katanya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, ada beberapa opsi untuk spin-off UUS. Opsinya bisa dengan cara penggabungan USS se-Kalimantan atau seluruh Indonesia, atau juga dimungkinkan melakukan konversi.

 

Baca juga:

Aturan BI tentang RIM dan PLM Berlaku untuk Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah

 

“Ini adalah opsi yang sedang dipersiapkan Bank kalsel. Apalagi Bank Kalsel sudah memiliki team task force buat persiapan ini. Kami sedang melakukan kajian mendalam tentang customer preferensi terhadap rencana ini,” paparnya.

Agus berharap kajian yang dilakukan Bank Kalsel segera selesai. “Kami banyak belajar dari BPD Aceh yang telah berubah menjadi Bank Aceh Syariah, dan mungkin kami juga belajar dari NTB yang sudah menjadi Bank Umum Syariah NTB. Jadi boleh dbilang persiapannya sudah cukup intensif," tutupnya. (njs/banjarmasinpost)

 

Baca juga:

Bank Sinarmas Aceh Konversi Layanan Konvesional ke Syariah


Back to Top