Universitas Al Quds Siap Perkuat Literasi Astronomi

gomuslim.co.id - Universitas Al-Quds yang terletak di Abu Dis, timur laut Yerusalem, meluncurkan Organisasi Astronomi pertama sebagai langkah untuk memperkuat literasi astronomi di kalangan mahasiswa dari semua disiplin ilmu.

Dikutip Wafa News, Organisasi ini didirikan atas inisiatif siswa dari departemen fisika, bertujuan untuk mengekspos siswa yang tertarik pada dasar-dasar dan prinsip-prinsip astronomi.

“ Ini juga sebagai peningkatkan kesadaran di sekitarnya,” kata pernyataan tertulis Universitas Al-Quds pada Jumat(20/4/2019).

Kepala Departemen Fisika di Universitas Al-Quds, Dr. Musa Abu Teir, mengatakan bahwa anggota organisasi akan memantau matahari dan bulan, bulan sabit dan fenomena astronomi lainnya.

“Organisasi akan menerima dukungan dari NOVA Society, termasuk pelatihan untuk para pendiri dan anggota, di samping menyediakan peralatan yang mencakup teleskop elektronik di samping lensa dan filter yang sudah dikirim ke organisasi ini sebagai sumbangan dari kemurahan hati Tuan Mahmoud Surri , Direktur Jenderal Perusahaan Surri Bros. untuk Kontraktor Umum, melalui Asosiasi, ”kata Dr. Abu Teir.

 

Baca juga:

Jauh Tertinggal Ilmu Sains, CEO Trensains: Islam Harus Bangkit


Anggota organisasi tersebut nantinya akan melakukan seminar dan kursus pelatihan yang juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama penelitian interdisipliner antara universitas dan lembaga ilmiah lainnya, serta lembaga yang tertarik pada astronomi.

 “Organisasi ini juga akan menerima lebih banyak peralatan di masa yang akan datang,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi di universitas, Dr. Mohammad Abul Haj memuji prestasi ini dengan menyatakan apresiasi kepada mereka yang telah melakukannya, terutama Departemen Fisika, menunjukkan pentingnya membangun klub ekstrakurikuler non-tradisional seperti yang memiliki sifat ilmiah, karena itu menambah pengetahuan besar tentang disiplin ilmu baru kepada siswa, dan memperluas keterampilan inovatif dan kreatif mereka.

“Mendirikan organisasi ini berasal dari kepercayaan inti universitas terhadap kreativitas dan kecerdasan siswa dan staf pengajarnya,” ujar Dr. Abul Hajj.

Di samping itu, Mahasiswa fisika dan anggota klub, Mohammed Awawdeh menambahkan, organisasi bertujuan untuk memberantas buta aksara astronomi dan selanjutnya para anggota menyebarkan pengetahuan ilmu ini melalui mengadakan berbagai acara dan kegiatan astronomi.

“Kegiatan tersebut akan mencakup malam pengamatan astronomi dan kuliah, di samping memastikan memiliki cakupan media yang luas, terutama pada platform media sosial untuk membantu menyebarkan ilmu ini juga,” pungkasnya Awawdeh. (hmz/wafanews) 

 

 

Baca juga:

Sejalan dengan Sains, Begini Bentuk Bumi dalam Alquran 


Back to Top