Muslim Travelers, Kini Hadir Taman Islami di UEA

gomuslim.co.id - Uni Emirat Arab (UEA) memiliki taman botani yang terdapat di Sharjah Desert Park yang menampilkan sejumlah tanaman yang disebutkan dalam Alquran dan Sunnah. Area tersebut didaulat sebagai taman islami pertama di dunia ini. Taman tersebut diresmikan Otoritas Lingkungan dan Kawasan Lindung (EPAA) UEA lima tahun yang lalu. Saat itu, Sharjah dinobatkan sebagai Ibu Kota Kebudayaan Islam pada 2014.

Menariknya, taman Islami ini juga berperan penting dalam sektor pariwisata Sharjah. Siswa sekolah juga mengunjungi taman ini untuk belajar tentang tanaman, terutama yang disebutkan dalam Alquran dan Sunnah.

Sementara itu, Anggota Dewan Tertinggi dan Penguasa Sharjah, H.H. Dr. Sheikh Sultan bin Muhammad Al Qasimi, memutuskan untuk membuat taman botani Islami bekerja sama dengan UNESCO pada 2006. Sheikh Sultan menekankan pentingnya menghubungkan agama dan sains.

Seperti yang dilansir dari publikasi Emirates News Agency, salah satu visi membentuk Taman Botani Islam untuk meningkatkan kesadaran tentang pembangunan berkelanjutan, lingkungan dan pentingnya melestarikan budaya Islam.

 

Baca juga:

UEA Siap Kembangan Ekonomi Syariah di Pasar Global

 

Ketua EPAA, Hana Saif Al Suwaidi, mengatakan taman botani islami memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat tanaman yang disebutkan dalam Alquran dan sunnah.

"Pohon-pohon, semak-semak, dan jamu disajikan dengan cara yang inovatif dengan nama ilmiah mereka dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris dan daftar khasiat obat-obatan serta manfaat kesehatan dan gizinya," kata Al Suwaidi, Senin (22/04/2019).

Taman ini meliputi sebuah kamar bayi, restoran, ruang kelas dan perpustakaan. Taman ini meliputi sebuah kamar bayi, restoran, ruang kelas dan perpustakaan.

“Sejak dibuka pada 2014 taman ini menerima semakin banyak pengunjung. Bahkan sampai saat ini sudah dikunjungi sekitar setengah juta orang,” sebutnya. (nat/emiratesnewsagency/dbs/foto:trfihiparks)

 


Back to Top