Alhamdulillah, Kini Vaksin BCG Kantongi Sertifikasi Halal MUI

gomuslim.co.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) dikabarkan telah memberikan sertifikasi halal pada Vaksin Bacillus Calmette Guerin (BCG). Vaksin yang diberikan sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit tuberkulosis (TBC) ini diperoleh per tanggal 18 April 2019. Hal itu disampaikan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Anung Sugihantono.

"Saya mendapatkan informasi dari Pak Dirut (PT Bio Farma) bahwa sertifikasi halal vaksin BCG sudah keluar. Saya merasa sangat bangga dan senang" ungkap Anung.

Menurut Anung, perolehan sertifikasi halal vaksin BCG melalui proses yang panjang. Butuh waktu lama bahkan hitungan tahun untuk mendapatkan sertifikasi halal MUI.

 

Baca juga:

LPPOM MUI Babel Serahkan Sertifikasi Halal pada RS Medika Stannia Babel

 

Pengajuan sertifikasi halal vaksin BCG diupayakan PT Bio Farma pada tahun 2018. Di tahun tersebut, vaksin BCG sudah didaftarkan dan menjalani tahap pemeriksaan kehalalan yang dilakukan lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Dengan terjaminnya kehalalan vaksin ini, ia optimistis anak-anak Indonesia sebagai calon generasi bangsa bisa terlindung. Tak hanya itu, ia berkomitmen vaksin-vaksin lain juga secara bertahap mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Sementara, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni'am Sholeh menyampaikan, Kementerian Kesehatan mendorong PT Bio Farma mengajukan sertifikasi halal vaksin yang diproduksi.

"Kemudian per 18 April 2019 atau sehari setelah Pemilu 2019, MUI sudah melakukan pembahasan dan menetapkan fatwa halal vaksin BCG dari PT Bio Farma," ucap Asrorun. (nov/dbs/liputan6/foto:tribumkaltim)

 

 

Baca juga:

Perbarui Aplikasi Halal, MUI Hadirkan Layanan Online Terbaru


Back to Top