Gandeng Ormas Islam se-Bandung Raya, Kemenag Deklarasi Perang Melawan Narkoba

gomuslim.co.id - Kementerian Agama melalui Diretorat Penerangan Agama Islam, Ditjen Bimas Islam bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan Majelis Taklim se Bandung Raya mendeklarasikan perang melawan narkoba.

Deklarasi tersebut dipimpin oleh AKBP Sumintha, Kabag BIN OPS Binmas Polda Jabar dalam acara Sosialisasi Anti Narkoba melalui Organisasi Masyarakat Islam dan Majelis Taklim di Jawa Barat, di Bandung, Selasa (23/4) yang diselenggarakan oleh Subdit Kemitraan Umat Islam, Direktorat Penerangan Agama Islam, Ditjen Bimas Islam.

Adapun, Ormas Islam yang turut dalam deklarasi adalah perwakilan dari Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, PUI, MUI, Al-Wasliyah, Al-Irsyad, Mathlaul Anwar, Persis, Syarikat Islam, DMI, DDII, Majelis Taklim Kota Bandung, Cimahi dan Bandung Barat. Ada pula perwakilan dari Dai Kamtibmas Polda Jabar.

Sementara itu, Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Juraidi mengatakan bahwa Kementerian Agama berkomitmen memerangi efek buruk narkoba yang salah satunya adalah dapat menjauhkan manusia dengan agama.

 

Baca juga:

Gandeng Bimas Islam, Unilever Akan Gelar Program Bersih-Bersih 2200 Masjid Serentak di Seluruh Indonesia

 

“Kita harus menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba karena narkoba dapat menjauhkan manusia dengan agama dan Tuhan-Nya”, ujarnya.

Juraidi menambahkan, para Pimpinan Ormas Islam harus dapat mengenali gejala dan penanganan korban kecanduan narkoba. Hal itu, lanjut Juraidi, karena pencegahan dan penanganan secara tepat adalah satu hal yang tidak dapat dipisahkan.

“Sebagai penjaga umat, kita harus mengenali jenis dan bahaya Narkoba agar tidak terjadi lost generasi”, pungkasnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini hadir juga perwakilan dari Yayasan Rekan Sebaya, sebuah komunitas yang terdiri dari para Aftercare (Maantan Pengguna Narkoba yang dalam Masa Recovery) keluarga korban narkoba, dan pihak-pihak yang peduli akan penanggulangan penyalahgunaan Narkoba dan pemberdayaan potensi untuk kebermanfaatan hidup bagi diri dan sekitar. (bimasislam/dbs)

 

Baca juga:

Direktur Bina KUA Bimas Islam Imbau KUA Kanwil Provinsi se-Indonesia Kedepankan Substansi


Back to Top