Hormati Pesepak Bola Muslim, FA Hapus Tradisi Pemberian Sampanye 

gomuslim.co.id – Banyaknya pesepakbola muslim di Inggris membuat penyelenggara kompetisi membuat sejumlah aturan. Salah satunya adalah penghapusan tradisi minum dan menyemprotkan sampanye untuk tim yang menjadi juara Piala FA.

Aturan dari Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) ini dibuat untuk menghormati pemain muslim yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Seperti diketahui, Islam adalah agama yang mengharamkan konsumsi minuman keras.

Selain itu, keputusan tersebut juga diambil untuk menghindarkan pemakaian alkohol oleh para pemain di bawah usia legal menenggak minuman keras yang di Inggris ditetapkan minimal usia 18 tahun.

"Tim-tim yang menjadi juara akan diberikan minuman non-alkohol untuk merayakan kemenangan. Hal itu akan dimulai pada final Piala FA tahun ini. Ini untuk menghormati pemain yang dilarang minum alkohol juga merayakan kemenangan. Selain itu kami juga ingin menghormati pemain yang masih berusia 18 tahun,” demikian pernyataan resmi FA seperti dilansir dari publikasi Reuters, Kamis (25/04/2019).

 

Baca juga:

Pesepakbola Muslim Ini Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Versi Majalah Time

 

Biasanya, FA selalu memberikan sampanye pada tim yang juara Piala FA. Selain memberikannya di lapangan, mereka juga memberikannya di ruang ganti tim juara. Namun setelah berdiskusi panjang lebar, FA memutuskan tradisi ini tak lagi digunakan. Apalagi tak sedikit pemain di klub Liga Inggris yang memeluk agama Islam.

Aturan ini mulai berlaku sejak final Piala FA bulan depan ketika Manchester City ditantang Watford di Stadion Wembley pada 18 Mei 2019 mendatang. Kedua klub sendiri mempunyai pemain andalan yang beragama Islam.

Tiga pemain Manchester City Riyad Mahrez, Benjamin Mendy dan Ilkay Gundogan adalah di antara pesepakbola muslim yang ambil bagian dalam final Piala FA tahun ini. Sementara di kubu Watford ada nama gelandang Abdoulaye Doucoure yang juga bermain. (jms/reuters)

 

Baca juga:

Dua Bintang Liverpool Ini Akan Tetap Puasa Saat Leg Kedua Liga Champions Barcelona

 


Back to Top