BAZNAS Bangun Tempat Penyulingan Minyak Sereh di Cianjur

gomuslim.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui program pemberdayaan Zakat Community Development (ZCD) membangun tempat penyulingan minyak sereh di Desa Campaka Warna, Kecamatan, Campaka Mulya, Kabupaten Cianjur, Provinsi, Jawa Barat. Tempat penyulingan minyak sereh yang diinisiasi oleh BAZNAS Kabupaten Cianjur ini diresmikan pada Kamis, (25/4) dihadiri oleh petinggi BAZNAS perangkat desa, dan warga sekitar.

Kepala Divisi Pendayagunaan BAZNAS, Randi Swandaru mengatakan, di Desa Campaka Warna memiliki potensi budidaya tanaman sereh yang bagus, namun belum berjalan maksimal.

"Dengan dikembangkannya program pemberdayaan dan pengadaan tempat penyulingan minyak sereh di Desa Campaka Warna, BAZNAS berharap pemanfaatan tanaman sereh ini bisa maksimal dan bisa berdampak pada mustahik dengan peningkatan perekonomiannya," katanya

Ia menambahkan, selama ini, masyarakat sekitar hanya langsung menjual sereh gelondongan, tapi setelah dibangun tempat penyulingan oleh BAZNAS ini, para mustahik terbantu dan bisa langsung menjualnya setelah melakukan proses penyulingan dan mendapatkan keuntungan lebih.

Untuk diketaui, Program ZCD BAZNAS telah membantu untuk pembangunan satu unit bangunan pabrik lengkap dengan mesin penyulingannya yang di peruntukan untuk kelompok mustahik penyulingan minyak sereh dengan penerima manfaat nya sebanyak 90 keluarga.

Selain mendirikan tempat penyulingan, BAZNAS juga membantu masyarakat sekitar dengan membangun ruang kelas yang prosesnya juga melibatkan para mustahik. Ruang kelas SMK Inovatif ini siap digunakan untuk ruang belajar sebanyak 90 siswa. (baznas/dbs)

 

Baca juga:

Baznas Berdayakan Petani Karawang Raih Panen Raya


Back to Top