Menpar: 70 Persen Anggaran untuk Promosi Digital Pariwisata

gomuslim.co.id - Baru-baru ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan alokasi anggaran sebanyak 70 persen untuk promosi digital guna menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, pengalokasian tersebut berdasar dari kebiasaan masyarakat yang gemar melakukan share dan like menggunakan media digital atau media sosial.

Kebiasaan masyarakat itu kini berdampak pada perkembangan pariwisata Indonesia yang saat ini tumbuh mencapai angka 22 persen. Karena itu, Menpar Arief menekankan pentingnya peran media digital dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Itulah mengapa dalam pariwisata Indonesia, milenial sangat penting. Selain sebagai wisatawan, generasi milenial Indonesia bisa membantu mempromosikan pariwisata Indonesia melalui media nasional," tutur Menpar, Jumat, (26/04/2019).

 

Baca juga:

Menpar Ajak Pelaku Usaha Pariwisata Galakkan Sistem Digital

 

Lanjut Arief, pihaknya sudah melakukan proses digitalisasi sejak empat tahun lalu saat melakukan program percepatan evolusi dari tradisi analog dan konvensional menjadi penggunaan digital.

Di era digital, melakukan transformasi untuk mendorong tourism 4.0 memiliki tantangan yang cukup besar. Dalam hal ini, tourism 4.0 lahir seiring dengan mulai tersedianya big data perilaku traveler yang dikumpulkan via apps dan sensor yang kemudian diolah untuk menciptakan seamless dan personalized travelling experience.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung para pelaku industri pariwisata untuk tumbuh dan berkembang dengan menggandeng milenial tourism. Hal ini merujuk pada pertumbuhan pariwisata di Indonesia yang terbilang cepat di dunia. Untuk itu, pemerintah fokus pada digitalisasi dan peninjauan regulasi lantaran hampir 70 persen wisatawan ke Indonesia menggunakan sistem tersebut. (nat/kompas/dbs/foto:antara)


Back to Top